LPSK Sebut Perlindungan ke Istri Ferdy Sambo Disetop, Ternyata Ini Alasannya..

| 10 Aug 2022 19:50
LPSK Sebut Perlindungan ke Istri Ferdy Sambo Disetop, Ternyata Ini Alasannya..
Irjen Pol Ferdy Sambo dan Putri Candrawati. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menyatakan pemeriksaan asesmen ke istri Irjen Ferdy Sambo, yakni Putri Candrawati dihentikan. Pemeriksaan dihentikan karena Putri tidak mau memberikan keterangan apa pun.

"Saya sudah meminta tim untuk dihentikan saja asesmen, investigasinya," kata Ketua LPSK, Hasto Atmojo saat dihubungi, Rabu (10/8/2022).

Hasto menjelaskan tim LPSK sudah datang ke rumah istri Irjen Ferdy Sambo, kemarin untuk melakukan pemeriksaan asesmen. Namun saat diperiksa, Putri hanya diam saja.

Berdasarkan pengakuan, Putri disebut masih trauma.

"Setelah sampai, kemarin itu belum bisa dapat hasil apa-apa. Karena Ibu P-nya (Putri) belum mau memberikan keterangan apa pun," kata Hasto.

"Ya kata yang mendampingi masih trauma psikologis," ucapnya.

Lebih lanjut, Hasto menerangkan LPSK membawa tim psikolog dan psikiater ketika akan melakukan pemeriksaan asesmen ke Putri. Para tim ini, mengajukan pertanyaan untuk mengetahui kesehatan mental Putri. Namun, istri Ferdy Sambo ini tetap diam saja.

Pertanyaan secara tertulis yang diajukan juga tidak dijawab oleh Putri Candrawati.

"Tapi ketika, LPSK kan bawa, di dalam tim itu ada psikolog, psikiater. Di dalam mengajukan pertanyaan-pertanyaan teknis yang, apa, mengungkap psikologi nya itu, dia diam aja, nggak menjawab. Ketika ditawarkan apakah pertanyaan bisa diajukan tertulis dan dijawab tertulis, dia juga nggak respon," ungkapnya.

Oleh karenanya, Hasto menyebut Putri Candrawati tidak membutuhkan perlindungan LPSK.

"Itu kan bisa diartikan, sebenarnya yang bersangkutan sangat mungkin sebenarnya tidak memerlukan perlindungan LPSK," imbuhnya.

Hasto menambahkan LPSK akan memberikan perlindungan kepada Putri bila yang bersangkutan mengajukan sendiri permohonan perlindungan.

Sebelumnya, LPSK menyatakan telah melakukan pemeriksaan terhadap istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

"Ya LPSK hari ini juga sudah melakukan asesmen ya terhadap beliau, gitu ya di rumah kediamannya," kata Wakil Ketua LPSK Achmadi di Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa (9/8/2022).

Dia mengaku tidak ikut pemeriksaan asesmen ke istri Ferdy Sambo di kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan. Achmadi mengatakan ada tim LPSK lain yang ke rumah Ferdy Sambo untuk memeriksa Putri Candrawati.

Karena tidak ikut proses asesmen di rumah Ferdy Sambo, dia mengaku tidak mengetahui kondisi Putri Candrawati.

"Untuk asesmen, ada tim yang ke sana. Ada tim yang ke sana bersama psikolog bersama LPSK," ucap dia.

Rekomendasi