Tak Lolos SBMPTN, Tenang Masih Ada Jalur Mandiri

| 04 Jul 2018 09:17
Tak Lolos SBMPTN, Tenang Masih Ada Jalur Mandiri
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Hei, selamat buat kamu yang lolos ujian seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN 2018). Selamat menjadi mahasiswa dan selamat belajar.

Oiya, buat kamu yang belum lolos SBMPTN jangan bersedih. Seperti kata pepatah kuno, 'banyak jalan menuju roma'. 

Baca Juga : Memilih Jurusan Tak Populer di SBMPTN

Nah, masih ada banyak cara supaya kamu bisa belajar di kampus yang kamu suka. Tenang. Ada sejumlah kampus yang menyediakan jalur masuk seleksi lewat ujian mandiri.

Simak UI (Seleksi Masuk Universitas Indonesia)

Seleksi Masuk Universitas Indonesia (Simak UI) membuka jalur masuk untuk S1 Paralel dan S1 Ekstensi. Pendaftaran Simak UI ini dibuka secara online dari 25 Juni sampai 23 Juli 2018.

Sementara itu, setelah peserta melakukan pendaftaran dan melakukan proses pembayaran dan mengunggah dokumen persyaratan, serta melengkapi segala persyaratan administratif, maka peserta akan melaksanakan ujian pada tanggal 29 Juli 2018. 

Untuk biaya pendaftarannya, peserta harus merogoh kocek sebesar Rp 500.000 rupiah. Untuk lebih detailnya kamu bisa langsung daftar di laman pendaftaran UI

SMUP (Sarjana Terapan Universitas Padjajaran)

Selain UI, kamu juga bisa daftar Seleksi Masuk Universitas Padjajaran (SMUP) program Diploma IV atau program Sarjana Terapan di Unpad. Pendaftaran untuk program tersebut masih dibuka sampai tanggal 10 Juli pukul 16.00 WIB.

Hal pertama yang dilakukan untuk mendaftar program tersebut adalah membuat akun di laman pendaftaran Unpad. Nanti kamu dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp350.000, sedangkan khusus untuk jurusan kebidanan, peserta harus membayar lebih, yaitu Rp 500.000.

Selma UB (Seleksi Masuk Universitas Brawijaya)

Alternatif selanjutnya adalah ikut seleksi masuk Universitas Brawijaya (Selma UB). Prosedur untuk bisa ikut seleksi mandiri ini tidak jauh berbeda dari kampus lain, yakni dengan mengikuti alur pendaftaran, membayar biaya pendaftaran dan anda bisa langsung ikut ujian seleksi masuk tersebut.

Pendaftaran Selma UB ini dibuka hingga tanggal 14 Juli 2018. Pendaftarnnya sendiri dilakukan secara online melalui laman pendaftaran Universitas Brawijaya. Untuk biayanya, peserta diwajibkan membayar sebanyak Rp300.000. 

Selain ketiga kampus tersebut, masih ada kampus-kampus lain yang masih membuka pendaftaran lewat seleksi tes mandiri. Berikut diantaranya;

Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta. 

-Tanggal pendaftaran sampai 7 Juli

-info detail https://spmb.uns.ac.id

Universitas Diponegoro, Semarang

-Tanggal pendaftaran sampai 5 Juli

-Informasi lengkap mengenai jalur seleksi ujian mandiri dapat diakses di https://um.undip.ac.id.

Universitas Airlangga, Surabaya

-Tanggal pendaftaran sampai 11 Juli 2018

-Informasi lengkapnya bisa akses ppmb.unair.ac.id

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta

-Pendaftaran dibuka hingga 14 Juli 

-Informasi lengkap dapat diakses di pmb.uny.ac.id

Rekomendasi