Cara Pendaftaran Bansos Online 2022 Melalui HP

| 30 Aug 2022 21:22
Cara Pendaftaran Bansos Online 2022 Melalui HP
Ilustrasi Bansos (Dok. Antara)

ERA.id - Kehadiran bansos di kalangan masyarakat bawah menjadi sebuah polemik, selain itu, banyak juga yang dikategorikan sebagai pihak yang berhak menerima bantuan sosial tetapi belum memahami lebih dalam lagi arti dari bansos.

Bansos atau singkatan dari bantuan sosial dilimpahkan kepada masyarakat yang mendapatkan risiko sosial. Bantuan sosial yang diberikan dapat berupa barang atau bisa juga uang.

Dengan demikian, bansos merupakan bantuan berupa uang atau barang dan juga jasa yang disalurkan kepada masyarakat miskin, tidak mampu, dan rentan terhadap risiko sosial.

Masyarakat tidak mampu bisa mendaftarkan diri sebagai penerima manfaat bantuan sosial (bansos). Pada tahun 2022, ada beberapa bansos dari Kementerian Sosial yang bisa diterima. Beberapa di antaranya yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

Pendaftaran bansos melalui smartphone

Ilustrasi bansos online. (Foto: Jeremy Zero / Unsplash)

Pendaftaran bantuan sosial juga bisa dilakukan secara daring melalui smartphone, yaitu melalui Aplikasi Cek Bansos. Adapun cara mendaftar bansos 2022 yaitu dengan langkah-langkah berikut:

  • Unduh aplikasi "Aplikasi Cek Bansos" yang resmi dengan developer atau yang dibuat oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia;
  • Pilih “Buat Akun Baru” dan isi kolom yang tersedia, seperti nomor Kartu Keluarga (KK), NIK, dan data sesuai KTP.
  • Selain itu, pendaftar juga diwajibkan melampirkan swafoto dengan KTP dan foto KTP;
  • Setelah berhasil, data akan melewati proses verifikasi oleh Kementerian Sosial;
  • Setelah data terverifikasi, akun atau user ID akan diaktivasi dan menu pada Aplikasi Cek Bansos bisa diakses;
  • Selanjutnya, login dengan username dan password yang ada;
  • Pilih menu "daftar usulan" dan isi data sesuai dengan KTP.

Selain itu, pemilik akun juga bisa mendaftarkan keluarga, kerabat, atau orang tidak mampu lain dengan memanfaatkan menu “tambah usulan”; Apabila data yang di-input termasuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), maka pendaftar dapat memilih menu "pilih jenis bansos".

Setelah berhasil diusulkan, Kemensos akan kembali melakukan proses validasi dan verifikasi data. Masyarakat dapat memeriksa lolos atau tidaknya sebagai penerima manfaat bansos melalui menu “Cek Bansos” pada Aplikasi Cek Bansos, atau melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Langkah-langkah memeriksa lolos atau tidaknya pendaftaran bansos

Selain melalui Aplikasi Cek Bansos, untuk bisa mengetahui status penerimaan bansos, para penerima manfaat bisa membuka situs cekbansos.kemensos.go.id. Adapun langkah-langkah yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Buka situs cekbansos.kemensos.go.id;
  • Ketik wilayah (provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan) dan nama penerima manfaat sesuai dengan KTP penerima;
  • Ketik 8 huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode;
  • Apabila huruf kode kurang jelas, klik tombol 'reload' untuk menerima kode baru;
  • Setelah semua terisi lengkap, klik “Cari Data” dan sistem akan memperlihatkan data penerima manfaat bansos beserta statusnya.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bansos dan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendaftar bansos online melalui handphone.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman.

Rekomendasi