NasDem Buka Peluang Deklarasi Capres Saat Hari Pahlawan, Bakal Usung Anies?

| 07 Sep 2022 19:27
NasDem Buka Peluang Deklarasi Capres Saat Hari Pahlawan, Bakal Usung Anies?
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Anies Baswedan. (Foto: Antara)

ERA.id - Partai NasDem dikabarkan akan mendeklarasikan calon presiden (capres) yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada 10 November mendatang. Salah satu nama yang berpotensi diusung yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan, kemungkinan untuk mendeklarasikan Anies pada 10 November mendatang bisa saja terjadi. Namun, masih harus menunggu kesepakatan dengan partai lainnya.

"Kemungkinan itu tentu asa, komunikasi kita lakukan secara intensif dengan partai-partai lain. Jadi ini tentu suatu hal yang dinamis. Kalau kesepakatannya sudah terbangun ya bisa jadi 10 November," kata Willy kepada wartawan, Rabu (7/9/2022).

Menurut Willy, hingga saat ini Partai NasDem tengah menjalin komunikasi secara intensif dengan dua partai politik, yaitu Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketiga partai tersebut, kata Willy sudah sepemahaman, namun belum ada kesepakatan bersama.

"Ya sejauh ini komunikasi yang dibangun dengan PKS dan Demokrat," kata Willy.

"Sekarang kesepahaman sudah ada, tinggal kesepakatan saja," imbuhnya.

Selain itu, Partai NasDem juga sudah menjalin komunikasi dengan Anies Baswedan. Menurut Willy, Anies sudah siap untuk mengikuti kontestasi Pilpres 2024.

"Ya pasti lah. Kalau engga mau, gimana caranya," kata Willy.

Adapun dalam Rakernas Partai NasDem beberapa waktu lalu, terdapat tiga nama yang direkomendasikan untuk diusung sebagai capres 2024. Di antaranya yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Willy menegaskan, Partai NasDem belum mengunci satupun nama yang menjadi rekomendasi dalam Rakernas. Keputusannya masih menunggu kesepakatan dengan partai-partai lain.

"Kan tergantung kesepakatan aja nanti. kalau partai-partai yang tiga itu sepakat Anies, ya Anies. Kalau sepakat Ganjar, ya Ganjar. Kalau sepakat Andika, ya Andika. Tentu tidak lari dari tiga nama itu," paparnya.

Keputusan akhir terkait siapa capres yang akan diusung nantinya, kata Willy merupakan hak Surya Paloh selaku Ketua Umum Partai NasDem. Dia hanya meminta doa agar partainya bisa memberikan alternatif calon pemimpin terbaik.

"Berdoa yang terbaiklah Nasdem mempersembahkan putra-putri terbaik," pungkasnya.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. ANTARA FOTO/Fauzi Lamboka/wpa/wsj.(ANTARA FOTO/FAUZI LAMBOKA)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diusulkan sebagai Bakal Capres Nasdem, Anies: Surya Paloh Membuat Terobosan", Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2022/06/18/18501621/diusulkan-sebagai-bakal-capres-nasdem-anies-surya-paloh-membuat-terobosan?page=all.

Editor : Kristian Erdianto

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

Android: https://bit.ly/3g85pkA

iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

Rekomendasi