AHY Akui Banyak Kecocokan dan Kesamaan Pikiran dengan Anies Baswedan

| 05 Oct 2022 10:20
AHY Akui Banyak Kecocokan dan Kesamaan Pikiran dengan Anies Baswedan
Ketum Demokrat AHY di acara pelantikan pengurus di DIY. (ERA.id/ Wawan H)

ERA.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) menyatakan punya banyak kesamaan dengan Anies Baswedan yang diusung Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebagai capres.

 “Kami, saya dan Mas Anies banyak kecocokan dan kesamaan pikiran. Kami juga sering mendiskusikan isu kebangsaan,” ujar AHY usai menghadiri pelantikan pengurus DPC Partai Demokrat se-Daerah Istimewa Yogyakarta di Gedung Perwacy, Bantul, DIY.

Menurutnya, Nasdem sudah berkomunikasi soal deklarasi Anies ke Demokrat dan PKS. ”Ini sudah dikomunikasikan dengan kami dan PKS. Yang jelas, kami bertiga komunikasinya sangat baik. Chemistry terbangun erat,” katanya.

Demokrat menghormati keputusan tiap partai, termasuk Nasdem yang mengusung Anies sebagai bakal capres. Demokrat juga akan memutuskan sikapnya menghadapi pilpres 2024 dalam waktu dekat. “Pada saatnya nanti, kami juga mendeklarasikan capres-cawapres yang kami usung,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya fokus melakukan konsolidasi partai. Seperti di DIY, Demokrat menargetkan punya kader terpilih di tiap dapil. "Pada 2009 di DIY, kami mengirim dua anggota DPR RI, 10 DPRD DIY, dan 40 DPRD di kabupaten/ kota,” ujarnya.

Ia pun tak menampik aspirasi kader dan para pemilih yang ingin dirinya berduet dengan Anies. “Tentunya dalam politik semua mungkin. Itu menjadi harapan kader dan  banyak masyarakat Indonesia,” kata dia.

Menurut AHY, saat ini ia akan terus menjalin komunikasi dengan Anies, juga Nasdem dan PKS. “Saya masih punya cukup waktu untuk berkomunikasi dengan Mas Anies,” ujarnya.

Jika koalisi ini tersebut resmi terjalin, hal ini akan sesuai dengan narasi besar Demokrat yang mengusung perubahan dan perbaikan bangsa yang selama ini mengalami berbagai masalah, seperti isu ekonomi dan kebebasan sipil. "Ini akan menjadi kekuatan kita dan menghadirkan kekuatan rakyat untuk membawa arus perubahan berlayar,” kata AHY.

Bucket Files:

Rekomendasi