Daftar Komisioner Kompolnas 2020-2024, Mahfud MD Jadi Kepalanya

| 12 Sep 2022 19:02
Daftar Komisioner Kompolnas 2020-2024, Mahfud MD Jadi Kepalanya
Kompolnas (tangkapan layar)

ERA.id - Peraturan Presiden (Perpres) No. 17 Tahun 2011 tentang Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), anggota lembaga ini terdiri atas tiga orang dari pemerintah, tiga orang dari pakar kepolisian, dan tiga orang dari tokoh masyarakat, total ada sembilang nama.

Lalu, siapa saja orang yang masuk di dalam daftar komisioner Kompolnas tahun ini?

Sebelum ke bagian tersebut, kita perlu tahu soal struktur organisasinya. Kompolnas berisi ketua yang merangkap sebagai anggota, wakil ketua yang merangkap anggota, sekretaris yang merangkap anggota, dan enam orang yang berstatus sebagai anggota.

Ketua dan wakil ketua Kompolnas dipilih serta ditetapkan oleh presiden. Sementara, sekretaris Kompolnas dipilih dari dan oleh anggota melalui sistem yang diatur oleh Kompolnas.

Daftar Komisioner Kompolnas 2020—2024

Pada Rabu, 19 Agustus 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sembilan anggota Kompolnas periode 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta.

Seperti aturan yang telah ada, Perpres No. 17 Tahun 2011, ada 9 orang yang dilantik. Mereka berasal dari unsur pemerintah, pakar kepolisian, dan tokoh masyarakat.

Dari kesembilan orang tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD, mendapat kepercayaan dari Presiden untuk menjadi ketua. Berikut ini daftar lengkap keanggotaan Kompolnas 2020-2024, dikutip Era dari laman resmi Kompolnas.

1. Mahfud MD (Menko Polhukam): ketua yang merangkap sebagai anggota

2. Tito Karnavian (Menteri Dalam Negeri): wakil ketua yang sebagai merangkap anggota

3. Benny J. Mamoto (pakar kepolisian): sekretaris yang merangkap sebagai anggota

4. Yasonna H. Laoly (Menteri Hukum dan HAM): anggota

5. Pudji Hartanto Iskandar (mewakili pakar kepolisian): anggota

6. Albertus Wahyurudhanto (mewakili pakar kepolisian): anggota

7. Yusuf Warsyim (mewakili tokoh masyarakat): anggota

8. Muhammad Dawam (mewakili tokoh masyarakat): anggota

9. Poengky Indarti (mewakili tokoh masyarakat): anggota

Profil Petinggi Kompolnas

1. Mahfud MD

Mohammad Mahfud MD lahir pada 13 Mei 1957 di Sampang, Madura, Jawa Timur. Dia merupakan politisi, akademisi, dan hakim berkebangsaan Indonesia.

Mahfud MD (antaranews)

Selain menjadi Ketua Kompolnas, dia adalah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Republik Indonesia Kabinet Indonesia Maju periode 2019–2024, pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Mahfud pernah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2008—2013 dan Hakim Konstitusi periode 2008—2013. Sebelumnya,Mahfud menjadi anggota DPR dan Menteri Pertahanan pada Kabinet Persatuan Nasional.

2. Muhammad Tito Karnavian

Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., lahir pada 26 Oktober 1964 di Palembang, Sumatra Selatan. Selain menjadi Wakil Ketua Kompolnas, Tito adalah Menteri Dalam Negeri RI sejak tanggal 23 Oktober 2019 dalam Kabinet Indonesia Maju di bawah pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Tito Karnavian (antaranews)

Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Kapolda Papua dan Kapolda Metro Jaya. Pada 14 Maret 2016, Tito diangkat menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Pada 15 Juni 2016, Presiden Joko Widodo mengajukan Tito sebagai calon tunggal Kapolri. Tito resmi dilantik sebagai Kapolri oleh Presiden Jokowi pada 13 Juli 2016.

3. Benny Josua Mamoto

Irjen Pol. (Purn.) Dr. Benny Josua Mamoto, S.H., M.Si. lahir pada 7 Juni 1955 di Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah. Dia adalah salah satu Jenderal Polri.

Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN). 

Rekomendasi