Fraksi PDIP DPR Bentuk Dewan Kolonel, Puan Maharani Singgung Instruksi Megawati

| 21 Sep 2022 14:25
Fraksi PDIP DPR Bentuk Dewan Kolonel, Puan Maharani Singgung Instruksi Megawati
Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua DPR Muhaimin Iskandar. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

ERA.id - Ketua DPR RI yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani buka suara soal terbentuknya Dewan Kolonel yang diinisiasi oleh sejumlah anggota Frkasi PDIP di Senayan. Tim khusus ini dibentuk untuk mendukung Puan maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Inisiaitf ini sah-sah saja, selama dibangun dengan didasari semangat gotong royong," kata Puan di sela-sela kunjungannya ke Pondok Pesantrean Mahasina Darul Qur'an wal Hadits di Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (21/9/2022).

Puan mengaku sudah mendengar Fraksi PDIP membentuk Dewan Kolonel tersebut. Dia pun tak mempermasalahkannya selama dapat menjalankan tugas-tugas partai.

Terlebih, kata Puan, Dewan Kolonel ini tersebut harus sejalan dengan instruksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait persiapan menghadapi Pemilu 2024.

"Instruksi dari Bu Ketum adalah semua kader, simpatisan, struktural partai harus mempersiapkan diri untuk menyongsong tahun 2024. Turun ke lapangan, turun ke bawah untuk bertemu dengan rakyat," kata Puan.

Terkait dengan tugas Dewan Kolonel untuk memperkenalkan Puan ke tengah masyarakat di daerah pemilihan (dapil) para anggota Fraksi PDIP, Puan juga tidak mempermasalahkannya.

Dia mengatakan setiap bentuk kegiatan yang dilakukan kader haruslah membuahkan hasil positif untuk internal PDIP. Puan kembali berpesan agar semua kader PDIP mengedepankan prinsip gotong royong.

"Itu kan inisiatif dari mereka, namun sebenarnya kan bagaimana kita bisa bergotong-royong dalam menjalankan tugas-tugas kepartaian, tugas-tugas fraksi untuk mensosialisasikan semua program ke lapangan," kata Puan.

"Semua yang kemudian mempunyai tujuan dan keinginan untuk bekerja sama secara bergotong-royong tentu itu harus hal yang positif yang bisa dilakukan," lanjutnya.

Untuk diketahui, sejumlah anggota Fraksi PDIP di Senayan sepakat membentuk Dewan Kolonel yang dimaksudkan untuk mempersiapkan Puan Maharani sebagai capres.

Usulan pembentukan Dewan Kolonel dicetuskan oleh anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDIP Johan Budi Sapto Pribowo.

"Saya usul, kita bentuk saja tim. Saya sebut Dewan Kolonel itu," kata Johan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (20/9/2022).

Johan mengaku, usulan Dewan Kolonel itu bukan hanya sekedar usulan sambil bercanda. Melainkan sebuah usulan yang sangat serius.

"Serius. Serius ini," tegas Johan.

Saat ini, anggota Dewan Kolonel berjumlah 12 orang. Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi PDIP Bambang Wuryanto didapuk menjadi_'jenderal'.

Pembentukan Dewan Kolonel tersebut juga sudah mendapatkan restu dari Puan.

Johan juga menegaskan terbentukanya Dewan Kolonel bukan untuk bermanuver, melainkan hanya mewadahi para anggota dewan yang menjadi die hard Puan Maharani saja.

Dia menambahkan, siapapun nantinya yang dipilih oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekanorputri untuk diusung sebagai capres, seluruh kader termasuk yang tergabung dalam Dewan Kolonel akan tegak lurus pada keputusan tersebut.

"Kita enggak melangkahi apa yang diputuskan oleh ibu Mega. Apapun putusannya bu Mega nanti, kita akan tegak lurus. Dewan Kolonel ini mempersiapkan kalo bu Mega menunjuk mbak Puan sebagai calon presiden 2024," pungkasnya.

Rekomendasi