Mengaku Salah!!! SBY Minta Maaf Depan Jokowi, Cek Faktanya...

| 05 Oct 2022 07:35
Mengaku Salah!!! SBY Minta Maaf Depan Jokowi, Cek Faktanya...
Tangkapan layar

ERA.id - Akun Facebook Baret Merah pada 2 Oktober 2022 mengunggah sebuah video yang terdapat foto seseorang yang tampak sedang bersujud di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan narasi “MENGAKU S4LAH!!! SBY MINTA MAAF DEPAN JOKOWI

Turnbackhoax.id

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Selasa (4/10/2022), berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang berisi foto seseorang yang tampak sedang bersujud di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diklaim sebagai Presiden Indonesia keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mengaku salah dan minta maaf di depan Presiden Jokowi merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Foto itu adalah foto ketika seorang warga bersujud di depan Presiden Joko Widodo saat halal bihalal di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/6/2019).

Foto yang asli salah satunya dimuat di artikel berjudul “Seorang Warga Sujud di Depan Jokowi saat Open House Lebaran” yang diunggah di situs Kumparan.com pada 5 Juni 2019.

Foto kejadian yang sama diambil dari sudut lain dimuat di artikel berjudul “Seorang Tamu “Open House” Tiba-tiba Sujud di Depan Jokowi dan Iriana” yang dimuat di situs Kompas.com pada 5 Juni 2019.

Rekomendasi