M Taufik Mundur dari Gerindra dan Anggota DPRD DKI, Gegara NasDem Usung Anies Jadi Capres?

| 06 Oct 2022 13:35
M Taufik Mundur dari Gerindra dan Anggota DPRD DKI, Gegara NasDem Usung Anies Jadi Capres?
Mohammad Taufik. (Foto: Antara)

ERA.id - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan bahwa M Taufik mundur sebagai kader Gerindra dan anggota DPRD DKI Jakarta.

"Jadi alhamdulillah kami baru terima surat dari Pak Taufik bahwa yang bersangkutan mengundurkan diri dari Partai Gerindra dan juga dari anggota DPRD," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (6/10/2022).

Riza menjelaskan Taufik mundur karena sakit. Dia pun membantah bila pengunduran diri Taufik karena Partai NasDem mendeklarasikan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Karena beliau ini memerlukan waktu untuk perawatan, beliau sakit, ya. Ada kanker paru yang sudah (menjalar) sampai ke kaki. Jadi kita doakan Bang Taufik semoga lekas sembuh," ucapnya.

"Nggak ada hubungannya (pengunduran diri Taufik karena Anies diusung jadi capres 2024). Tanya aja Pak Anies. Pokoknya di surat yang kami terima baru saja kami terima, Pak Taufik menyampaikan bahwa beliau mengundurkan diri dari keanggotaan partai dan mundur dari anggota DPRD DKI Jakarta fraksi Gerindra karena beliau sedang sakit, membutuhkan waktu dan perawatan," tambahnya saat kembali dikonfirmasi.

Sebelumnya, mantan M Taufik buka-bukaan soal rencana pindah partai, dari Gerindra ke NasDem. Nama Anies Baswedan pun disebut melatarbelakanginya untuk pindah partai.

Taufik mengaku sangat mendorong Anies untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024. Menurutnya, partai yang sejalan dengan keinginannya itu adalah NasDem.

Hal itu disampaikan Taufik dalam diskusi Gaspol Kompas.com yang ditayangkan di YouTube, Selasa (31/5).

"Salah satunya partai yang nasionalis itu NasDem. Kebetulan saya melihatnya dekat nih untuk 2024 ke Anies. Ini agak sejalan dengan pikiran saya. Saya tadi mendoakan Anies," kata Taufik yang dikutip pada Rabu (1/6/2022).

Meski begitu, saat ini Taufik masih berstatus sebagai kader Gerindra. Rencananya, mundur sebagai anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Gerindra pada sekitar ulang tahun Jakarta atau 22 Juni mendatang.

"Ya lebih baik saya akan mundurlah dari DPRD. Ya kapan mundurnya itu pertanyaannya? Ulang tahun Jakarta lah mundur," kata Taufik.

Rekomendasi