Ketum PSSI Iwan Bule Ngaku Terharu dengan Kehadiran FIFA-AFC: Saya Sangat Bangga..

| 12 Oct 2022 20:33
Ketum PSSI Iwan Bule Ngaku Terharu dengan Kehadiran FIFA-AFC: Saya Sangat Bangga..
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Foto: Antara)

ERA.id - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule mengaku terharu dengan kehadiran perwakilan FIFA dan AFC di Indonesia untuk membantu sepak bola nasional bangkit kembali usai Tragedi Kanjuruhan yang terjadi awal bulan ini.

"Saya sangat bangga dan terharu kepada teman-teman dari FIFA dan AFC yang datang ke sini, berdasarkan hasil dari koordinasi dari Presiden FIFA Gianni Infantino," ujar Iriawan di Kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu pun berterima kasih atas dukungan FIFA dan AFC setelah peristiwa di Stadion Kanjuruhan.

Iriawan juga mengapresiasi upaya Presiden RI Joko Widodo yang menghubungi dan menyurati Presiden FIFA Gianni Infantino sehingga FIFA serta AFC datang ke Indonesia.

"Surat Pak Presiden kepada Gianni sudah direspons dan kehadiran PSSI juga AFC saat ini wujud dari apa yang dilakukan Pak Presiden," kata purnawirawan polisi berpangkat akhir Komisaris Jenderal itu.

Dalam kesempatan yang sama Koordinator Proyek Pengembangan FIFA Niko Nhouvannasak menyatakan bahwa pihaknya bersama AFC memrioritaskan kepastian keamanan pelaksanaan liga-liga sepak bola di Indonesia serta Piala Dunia U-20 2023.

Niko menyatakan bahwa FIFA, AFC, PSSI, dan Pemerintah Indonesia akan melakukan pertemuan rutin guna menghasilkan rencana aksi dengan alur waktu yang konkret.

FIFA menugaskan sejumlah pakar termasuk Kepala Konsultan Keamanan dan Keselamatan Stadion Serge Dumotier untuk mengevaluasi stadion-stadion di Indonesia, terutama yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 tahun depan.

Sementara itu, AFC mengutus Kepala Keamanan dan Keselamatan Brian Johnson serta Wakil Ketua Gugus Tugas Keamanan dan Keselamatan Datuk Dell Akbar Khan untuk tugas yang sama.

Kompetisi sepak bola profesional Liga 1 dan 2 Indonesia serta Liga 3 Regional sementara dihentikan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), mengikuti rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan yang dibentuk Presiden RI Joko Widodo dan diketuai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD.

Presiden FIFA Gianni Infantino melalui surat telah menyatakan kesiapan membantu pemerintah Indonesia, PSSI, dan AFC dalam upaya transformasi sepak bola Indonesia.

Rekomendasi