Iwan Bule Main Bola dengan Presiden FIFA, Kaesang: Kami Pemilik Tim Hanya Bisa Tersenyum

| 19 Oct 2022 12:00
Iwan Bule Main Bola dengan Presiden FIFA, Kaesang: Kami Pemilik Tim Hanya Bisa Tersenyum
Presiden FIFA saat bermain bole dengan Ketum PSSI Iwan Bule (Dok PSSI)

ERA.id - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan alias Iwan Bule terekam sedang bermain bola bersama Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Gianni Infantino di Stadion Madya, Jakarta Pusat pada Selasa (18/10).

Momen itu dibagikan oleh PSSI melalui akun Twitter @PSSI.

"Potret Presiden FIFA Gianni Infantino beserta jajaran saat bermain sepak bola bersama Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di Stadion Madya," tulis PSSI, dikutip Rabu (19/10/2022).

Seharusnya, Iwan Bule berada di Jawa Timur untuk memenuhi panggilan Polda Jawa Timur terkait Tragedi Kanjuruhan. Namun, dia berhalangan hadir.

Selain Iwan Bule, Polri juga memanggil Bendahara Arema FC, Korlap Steward Stadion Kanjuruhan, Departemen Kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB), hingga Komisioner Kompetisi PSSI.

Momen main bola Iwan Bule dengan Gianni pun ramai dikomentari warganet. Tak sedikit yang menyayangkan sikap Iwan Bule di tengah belum tuntasnya Tragedi Kanjuruhan.

Salah satunya sindiran datang dari putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep. Dia yang juga dikenal sebagai pemilik klub sepak bola PERSIS Solo menyoroti senyum Iwan Bule yang seolah tak punya beban.

"Alhamdulillah semuanya tersenyum. Kami pemilik tim juga hanya bisa tersenyum melihat kebahagian ini," ujar Kaesang melalui akun Twitter @kaesangp.

Sebelumnya, Presiden FIFA telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk membicarakan transformasi sepak bola di Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan. Salah satunya dengan mengkaji ulang stakeholder persepakbolaan di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Tim Gabungan Independen Pencaru Fakta (TGIPF) merekomendasikan kepada Presiden Joko Widodo agar para pengurus Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) bertanggung jawab atas tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang telah menewaskan 132 orang.

Rekomendasi itu disampaikan dalam laporan akhir yang diserahkan TGIPF kepada Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10/2022).

"Di dalam catatan kami disampaikan bahwa pengurus PSSI harus bertanggung jawab dan sub-sub organisasinya bertanggung jawab," ujar Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) yang juga Ketua TGIPF Mahfud MD dalam konferensi pers.

Rekomendasi