Plaza Bogor Akan Dibongkar Tahun Depan, Lantas Bagaimana Nasib Pedagang? Begini Jawaban Bima Arya

| 10 Nov 2022 16:40
Plaza Bogor Akan Dibongkar Tahun Depan, Lantas Bagaimana Nasib Pedagang? Begini Jawaban Bima Arya
Plaza Bogor. (Diman/ERA.id)

ERA.id - Plaza Bogor yang berada di Jalan Suryakencana, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor akan dibongkar pada Januari 2023. Lantas bagaimana nasib para pedagang yang berjualan di Plaza Bogor?

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan Pemkot Bogor sedang mematangkan konsep tersebut agar relokasi tidak memberatkan para pedagang. Seperti pada permasalahan biaya dan opsi ke mana para pedagang akan dipindahkan.

“Jadi pada intinya harus memudahkan para pedagang, tidak boleh memberatkan para pedagang, harus jelas skenarionya, pindahnya ke berapa titik karena ada beberapa opsi,” tegas Bima Arya, Kamis (10/11/2022).

Bima Arya menyebutkan, ia telah menerima laporan terkait beberapa titik opsi pemindahan pedagang. Jika pedagang ingin pindah secara cepat, maka relokasi bisa dilakukan ke Pasar Kebon Kembang, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Selain itu, pedagang juga bisa memilih untuk pindah ke Pasar Sukasari, Pasar Jambu Dua, atau Pasar Merdeka. Namun, ia menegaskan, relokasi ke titik tersebut membutuhkan proses.

Di samping itu, Bima Arya mengakui, Pemkot Bogor memang belum melakukan sosialisasi relokasi kepada pedagang. Lantaran masih dilakukan pematangan konsep secara mendetail.

“Begitu konsep itu matang detail, maka kita akan berkomunikasi. Yang penting sosialisasi. Saya kira tidak tergesa-gesa. Yang penting konsepnya matang,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bima Arya mengatakan, grand design terhadap Plaza Bogor ke depannya masih disusun. Ia menyebutkan, kondisi Plaza Bogor yang sudah berusia lebih dari 30 tahun ini sudah mengkhwatirkan untuk masih ditempati.

“Yang pasti Bogor Plaza itu mengkhawatirkan. Sudah sangat tidka layak, sudah 30 tahun lebih. Saya sangat khawatir itu ada kecelakaan di situ. Jadi itu latar belakangnya,” tandasnya.

Rekomendasi