Survei CIGMark: Elektabilitas Ridwan Kamil, Prabowo dan Anies Paling Tinggi di Jawa Barat

| 14 Nov 2022 07:42
Survei CIGMark: Elektabilitas Ridwan Kamil, Prabowo dan Anies Paling Tinggi di Jawa Barat
Ridwan Kamil dan Anies Baswedan (Antara)

ERA.id - Hasil Survei CIGMark menyatakan Ridwan Kamil masih mendominasi peta kekuatan calon presiden 2024 di Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan hasil surveinya, CEO CIGMark Research and Consulting Panca Pratama mengatakan nama Ridwan Kamil memiliki elektabilitas tertinggi mencapai 39,2 persen mengalahkan Prabowo Subianto di urutan kedua dengan elektabilitas mencapai 23,5 persen dan disusul Anies Baswedan sebesar 14,9 persen serta Ganjar Pranowo sebesar 8,1 persen.

"Dalam pusaran politik Indonesia, Jawa Barat menjadi salah satu wilayah battle ground, wilayah ‘pertempuran’ antar kandidat peserta pemilu karena selain memiliki jumlah pemilih paling besar, Jabar memiliki keunikan dalam karakteristik pemilih," jelas Panca Pratama pada Minggu (13/11/2022).

Dilihat dari aspek loyalitas pendukung, figur RK juga menempati paling tinggi yaitu sebesar 31,5 persen, meninggalkan cukup jauh Prabowo Subianto yang selama ini cukup bersinar di Jawa Barat.

Sementara itu, dari segi popularitas capres di Provinsi Jawa Barat sosok Ridwan Kamil merupakan figur yang paling dikenal dan disukai di Jawa Barat.

"Popularitas RK sudah menembus 99,2 persen dengan tingkat kesukaan 97,2 persen. Di bawah RK, menyusul Prabowo 96,9 persen dengan kesukaan 75,7 persen," jelas dia.

Survei ini dilaksanakan pada 12–28 September 2022 dengan menggunakan metodologi Multi Stage Random Sampling (MSRS).

Jumlah responden 825 orang yang diwawancarai secara langsung dengan menggunakan kuesioner.

Jumlah Margin Error survei ini sebesar ± 3,48% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Rekomendasi