Kemendikbud Kirim Abnon ke Broadway

Tim Editor

Abnon to Broadway (dok. kemendikbud)

Jakarta, era.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengirimkan empat orang Abang None Jakarta ke Broadway, Amerika Serikat. Selama di sana, mereka akan belajar untuk mendalami seni pertunjukan. 

Kemendikbud juga menggandeng Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) untuk meningkatkan kapasitas dan peran insan budaya dalam melestarikan kebudayaan Indonesia.

“Hubungan dengan kebudayaan ini memang satu barisan. Kita ingin agar sektor peresmian khususnya seni pertunjukan ini bisa berpacu, dan kalau begitu halnya, kenapa tidak pergi ke tempat pusatnya, yaitu Broadway. Saya tidak berpikir panjang lagi, ini harus didukung,” kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Hilmar Farid, dalam keterangan persnya, Rabu (9/8/2018).

Dalam Program 'Abnon To Broadway', empat Abang None Jakarta akan mengikuti kegiatan di New York selama 10 hari, yakni pada 3-14 Juli 2018. Kemendikbud yakin progam ini dapat memajukan kebudayaan Indonesia.

"Program ini menjadi salah satu langkah penting untuk gerak maju, dan hasilnya langsung kelihatan. Di sana banyak yang dipelajari, bukan hanya soal skill, tapi juga hidup sebagai seniman,” tutur Hilmar.

Para Abang None yang diberangkatkan ke Broadway telah melewati proses tahapan seleksi dengan melibatkan juri independen. Hingga pada akhirnya empat orang Abnon diberangkatkan ke Amerika Serikat.

Program “Abnon To Broadway” merupakan kerja sama Kemendikbud dengan Pemda DKI Jakarta, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Kementerian Pariwisata, dan Bakti Budaya Djarum Foundation.

Dengan mengikuti pelatihan teater musikal di Broadway, para peserta dapat belajar disiplin dan karakter. Di akhir program, para peserta akan memiliki kemampuan yang solid untuk menjadi lebih kompetitif di dalam industri seni peran. 

Tag: abang none

Bagikan: