Menteri BUMN Erick Thohir Sah Menjadi Suku Batak, Diberi Marga Sidabutar

| 27 Nov 2022 06:31
Menteri BUMN Erick Thohir Sah Menjadi Suku Batak, Diberi Marga Sidabutar
Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti upacara pengangkatan anak pemberian marga Sidabutar, di Samosir, Sumut. (istimewa)

ERA.id - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melawat ke Danau Toba, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (26/11/2022).

Adapun kedatangan Menteri BUMN Erick Thohir tersebut untuk melangsungkan beberapa rangkaian kegiatan untuk mempromosikan destinasi wisata prioritas Danau Toba. Salah satunya melalui acara Tao Toba Heritage Fest.

Pada kesempatan tersebut juga Erick Thohir mengikuti upacara adat pengangkatan anak dan pemberian marga Batak yang berlangsung di Lopo Hotel, Tomok, Kabupaten Samosir. 

Upacara yang digelar secara adat Batak diawali ritual tertua suku Batak Toba yakni kebaktian, kemudian mangalahat horbo diiringi tarian tor-tor. Mangalahat horbo merupakan ritual agung suku Batak sebagai wujud rasanya syukur kepada leluhur.

Usai mengikuti upacara adat tersebut Erick Thohir dinyatakan sah menjadi suku Batak dan diberi marga Sidabutar. Presiden Inter Milan ke-21 itu mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Bangso Batak, bangsa yang terkenal kaya akan budaya, penuh sejarah dengan masyarakat kekeluargaan yang kerja keras.

“Penyematan marga Sidabutar dan upacara adat yang berlangsung siang ini adalah satu dari seribu contoh keragaman budaya Indonesia yang bisa menjadi potensi besar pariwisata ke depan. Hormat saya setinggi-tingginya untuk Amang Hari Boss Sidabutar yang telah menjadikan saya sebagai keluarga,” ungkapnya.

Erick Thohir memastikan akan membangun Kabupaten Samosir setelah dipercaya menjadi orang Batak. “Nanti kita akan bangun museum batak di Samosir,guna kemajuan pariwisata yang ada disini," tambahnya.

Sementara, orang tua angkat Erick Thohir, Harry Boss Sidabutar yang juga Ketua Panitia Tao Toba Heritage Fest mengapresiasi pendiri Mahaka Group tersebut yang mempercayai dan memilih marga Sidabutar.

“Saat ini Erick telah menjadi marga Sidabutar dari generasi ke-10 Raja Opung Sori Buttu Sidabutar dan anak ke empat dari Harry Boss Sidabutar keluarga marga Sidabutar ke delapan," terangnya.

Ketua Umum Pospera, Mustang Bonaventura Manurung menyampaikan bahwa terhitung hari ini nama Erick Thohir harus memakai marga Sidabutar.

“Erick telah menjadi bere (keponakan, red) saya, jadi Erick harus memanggil saya tulang (paman, red)," tukasnya.

Upacara pengangkatan anak dan pemberian marga ini turut dihadiri Sekjend Pospera, Adian Napitupulu. Kemudian, Bupati Samosir, Vandiko Gultom dan sejumlah staf BUMN.

Teks Foto: Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti upacara pengangkatan anak pemberian marga Sidabutar, di Samosir, Sumut, Sabtu (26/11/2022).

Rekomendasi