Jelang Pernikahan, Kaesang Enggan Dipingit

| 05 Dec 2022 07:25
Jelang Pernikahan, Kaesang Enggan Dipingit
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (Foto: Instagram/@erinagudono)

ERA.id - Presiden Joko Widodo akan menikahkan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Dalam pernikahan ini, Jokowi mengungkap jika Kaesang enggan dipingit.

Hal ini diungkapkan oleh Jokowi pasca menghadiri rapat terakhir persiapan pernikahan Kaesang dan Erina di Ndalem Wuryoningratan House of Danarhadi, Solo, Senin (4/12/2022). Rencananya akad nikah akan dilaksanakan di Yogyakarta pada Sabtu (10/12/2022). Sementara acara ngunduh mantu dan resepsi pernikahan dilaksanakan di Solo pada hari Minggu (11/12/2022).

Pernikahan ini akan mengggunakan adat tradisi Jawa. Salah satunya yang menjadi tradisi jelang pernikahan yakni pingitan untuk kedua calon mempelai. Pingitan ini merupakan larangan calon mempelai pria dan mempelai wanita untuk bertemu. Keduanya harus menyendiri di rumah untuk tidak banyak berkegiatan.

Terkait pingitan ini, Jokowi mengungkap jika Kaesang tidak mau. Ia masih bekerja meski pernikahannya sudah dekat.

”Dia (Kaesang) dipingit di kantornya di Jakarta, yang mingit kantornya. Suruh berhenti nggak mau, kerja terus hari Minggu, saya telpon juga masih kerja,” kata Jokowi sambil tertawa.

Sementara terkait persiapan pernikahan sudah mencapai 99 persen. Semua persiapan sudah hampir final. Bahkan Iriana Jokowi memantau langsung persiapan pernikahan ini. Awal pekan lalu ia meninjau venue resepsi yang ada di Pura Mangkunegaran dan telah mencoba menu makanan yang akan disuguhkan untuk tamu undangan.

”Kalau ibu sudah di sini dua minggu,” kata Jokowi.

Bucket Files:

Rekomendasi