Upacara Adat Siraman Pernikahan Kaesang dan Erina, Ambil Air dari Tujuh Sumber

| 05 Dec 2022 21:05
Upacara Adat Siraman Pernikahan Kaesang dan Erina, Ambil Air dari Tujuh Sumber
Kaesang dan Erina Gudono saat foro prewedding di Stadion Manahan Solo (IG Kaesang)

ERA.id - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan menggunakan adat Jawa. Dalam pernikahan ini, salah satu tahapan tradisi yang dilakukan yakni siraman bagi calon pengantin.

Untuk siraman ini akan menggunakan air yang diambil dari tujuh sumber mata air. Kemudian air ini dijadikan satu dan digunakan untuk prosesi adat siraman.

Siraman sendiri merupakan salah satu upacara adat yang dilakukan sebelum kedua mempelai menikah. Siraman diambil dari kata dasar siram yang berarti mandi. Dalam siraman ini kedua calon mempelai akan dimandikan menggunakan tujuh sumber mata air oleh orang tua dan keluarga.

Gibran Rakabuming Raka yang ditunjuk menjadi juru bicara mengatakan siraman akan menggunakan tujuh sumber mata air. Ketujuh sumber mata air itu, yakni sumber mata Pengging (Kabupaten Boyolali), Masjid Al-Wustho (Solo), Masjid Agung Keraton Surakarta, Keraton Kasunanan Surakarta, rumah nenek (Almarhum Ibu Notomiharjo), Pura Mangkunegaran, dan sumber mata air di rumah pribadi Solo.

"Nanti yang nyirami yang udah pernah mantu. Saudaranya bapak dan ibu. Ada tujuh orang," kata Gibran.

Untuk prosesi Siraman ini dijadwalkan pada Jumat pagi (9/12/2022). Sementara untuk yang among tamu dalam acara Ngunduh Mantu Kaesang dan Erina, semua dari pihak keluarga. "Among tamu semua keluarga," katanya.

Rekomendasi