Usai Siraman, Jokowi dan Iriana Doakan Kaesang dan Erina Agar Menjadi Keluarga Sakinah Mawadah Warohmah

| 09 Dec 2022 13:24
Usai Siraman, Jokowi dan Iriana Doakan Kaesang dan Erina Agar Menjadi Keluarga Sakinah Mawadah Warohmah
Prosesi siraman putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep di kediaman pribadi Jokowi di Sumber, Banjarsari, Solo (Satpres)

ERA.id - Rangkaian prosesi adat pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono telah selesai pada pagi ini, Jumat (9/11/2022). Siraman dilangsungkan dalam kediaman pribadi presiden Jokowi.

Siraman ini dilakukan Kaesang dengan rangkaian tahapan. Mulai dari sungkeman, potong rambut, bucal sukerta hingga gendongan dan suapan terakhir. Usai siraman Jokowi memberikan wejangan pada putra bungsunya tersebut. Ia berharap agar bos Persis Solo ini bisa bahagia bersama dengan Erina.

“Intinya kami sebagai orang tua mengharapkan dan juga mendoakan agar keluarga Mas Kaesang dan Mbak Erina ke depan bisa menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah,” kata Jokowi.

Harapan serupa juga disampaikan oleh Iriana. Ia berharap putra bungsunya ini bisa berbahagia selalu.

”Yang pasti selalu bahagia ya Le,” ucapnya. Panggilan Le pada Kaesang merupakan kependekan dari Thole yang berarti anak lelaki.

Selain di kediaman pribadi Jokowi di Sumber, Banjarsari, Solo, prosesi siraman juga dilaksanakan di kediaman mempelai perempuan di Mlati, Sleman, Yogyakarta.

Dalam prosesi siraman ini ada tujuh sumber mata air yang digabungkan. Yakni Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Keraton Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor dan dari kediaman pribadi Presiden Jokowi.

Rekomendasi