Rindu Tempe di Tanah Suci

Tim Editor

    Ilustrasi (era.id)

    Makkah, era.id - Makanan nusantara memang bercita rasa tinggi. Makanya, ketika sedang di luar negeri, salah satu hal yang bikin rindu itu, pasti masakan Indonesia. Kondisi ini juga dialami jamaah haji Indonesia.

    Pemerintah Indonesia memang berupaya menyajikan makanan khas Nusantara supaya mereka bisa nyaman dalam beribadah haji. Dan makanan merupakan salah satu hal krusial yang bisa mempengaruhi kenyamanan beribadah.

    Misalnya ketika jamaah tidak punya nafsu makan, akan berpengaruh pada kebugarannya karena kurang asupan nutrisi yang berkecukupan. Buntutnya, konsentrasi beribadah bisa saja berkurang.

    Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin janji akan memfasilitasi ketersediaan tempe di Makkah untuk bahan baku makanan jamaah haji Indonesia di tahun depan.

    "Kami akan mengusahakan hal ini," kata Lukman, Selasa (14/8/2018) seperti dilansir Antara.

    Sebelumnya, ada usulan dari pihak katering di Arab Saudi agar pemerintah Indonesia memberi kemudahan ketersediaan tempe untuk lauk pauk jamaah haji Indonesia. Saat Lukman datang ke dapur Global Taste, perusahaan katering itu kesulitan mendapatkan tempe.

    Namun pasokan itu tidak bisa mendadak diterapkan tahun ini. Soalnya proses pengadaan tempe tidak bisa dilakukan secara mendadak tetapi harus terencana dengan baik. Fasilitas kemudahan mendapatkan tempe bagi katering di Saudi baru bisa diterapkan pada musim haji tahun berikutnya.


     

    Tag: naik haji

    Bagikan :