Balas Dendam Ala Erdogan, Turki Boikot IPhone

| 15 Aug 2018 15:49
Balas Dendam Ala Erdogan, Turki Boikot IPhone
Presiden Turki, Racep Tayyip Erdogan (Pixabay)
Jakarta, era.id - Presiden Turki, Racep Tayyip Erdogan, menyerukan boikot produk elektronik Amerika Serikat termasuk melarang penggunaan iPhone.  Ia ingin rakyat Turki beralih ke produk dalam negeri ataupun produk mancanegara selain iPhone, misalnya Samsung.

"Kami akan menerapkan boikot terhadap barang-barang elektronik Amerika," kata Erdogan seperti dikutip dari CNET, Rabu (15/8/2018).

"Jika mereka punya iPhone, di pihak lain ada Samsung. Dan kami juga punya merek telepon sendiri. Kami akan memproduksinya dalam jumlah cukup untuk kami sendiri," pungkasnya.

Seruan boikot ini disebut sebagai aksi pembalasan terhadap sanksi Amerika Serikat (AS) yang telah membuat ekonomi Turki, khususnya mata uang lira jatuh ke titik terendahnya. 

Pruduk ponsel dalam negeri yang dimaksud Edorgan adalah Vestel Venus yang mungkin akan jadi pilihan warga jika benar iPhone diboikot. Lantaran harga produk Apple di Turki juga terbilang cukup mahal dan hanya dimiliki mayoritas kalangan atas.

Sebut saja iPhone X di sana dibanderol mulai USD 1.143. Sedangkan Vestel Venus memiliki beragam produk smartphone, dari harga 650 lira sampai 2.500 lira

Edorgan juga Fanboy Apple

Sebelum menyerukan boikot produk elektronik asal Amerika Serikat seperti iPhone, Presiden Turki Racep Tayyip Erdogan dikenal sering menggunakan smartphone keluaran Apple itu. 

Kerap kali Edorgan, kedapatan tengah menggunakan produk buatan rakasasa teknologi asal Cupertino, AS itu, di antaranya iPhone dan iPad. 

 

Bahkan dikutip dari Aljazeera, Erdogan juga pernah membuat pidatonya pada malam kudeta Juli 2016 melalui Facetime, sebuah aplikasi yang notabenenya buatan iPhone. 

kala itu Erdogan memanfaatkan aplikasi FaceTime di iPhone untuk menghubungi jaringan televisi Turki dari lokasi yang dirahasiakan. Dia meminta pendukungnya bergerak untuk menguasai keadaan.

Rekomendasi