Ketua DPR: Idham Azis Diajukan Jadi Wakapolri

| 16 Aug 2018 16:01
Ketua DPR: Idham Azis Diajukan Jadi Wakapolri
Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis didampingi Kabid Humas Kombes Argo Yuwono. (Leo/era.id)
Jakarta, era.id - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengaku tahu pengganti pengganti Komjen Syafruddin sebagai wakil kepala polri. Sepengetahuan Bambang, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis diajukan menjadi pengganti Syafruddin.

"Ya saya mendengar informasinya gitu. Tapi soal jadi atau tidaknya itu kan tergantung pak Presiden. Tapi yang pasti saya mendengar pak Kapolri sudah mengajukan nama Idham," kata Bambang, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

"Saya tidak tahu apakah ada berapa nama, tapi yang saya dengar nama Idham," tambahnya.

Politikus Golkar ini menerangkan,  DPR tidak punya andil dalam proses pergantian wakapolri. Legislatif, tambah dia, tidak akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan selayaknya calon kapolri.

"Nggak ada (fit and propertest)," ucapnya.

Sekedar informasi, pengangkatan Komjen Syafruddin ditunjuk jadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Kini, dia menjadi sipil dan meninggalkan kursi wakapolri.

Sejumlah nama muncul menjadi pengganti Syafruddin. Indonesia Police Watch (IPW) misalnya, menyebut ada tiga jenderal yang jadi kandidat kuat pengganti Syafruddin, yakni Komjen Pol Suhardi Alius, Komjen Pol Moegiharto, dan Komjen Pol M Iriawan.

Tags : polri
Rekomendasi