Kapolri Idham Azis: Kewajiban Kami Antar Listyo Sigit Sampai Pelantikan Kapolri

Tim Editor

Idham Aziz dampingi Listyo sigit uji kelayakan calon kapolri (Dok. DPR RI)

ERA.id - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis mengantar calon kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo menjalankan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI. 

Idham mengatakan sengaja mengantarkan Listyo saat uji kelayakan dan kepatutan hari ini untuk memberikan pelajaran bagi generasi Polri bahwa pergantian kepemimpinan merupakan hal biasa.

"Untuk memberi gambaran bahwa institusi Polri regenerasinya berjalan dengan baik dan mulus. Apa yang telah diputuskan oleh bapak presiden sebagai pimpinan tertinggi Polri di internal Polri hanya ada dua kita laksanakan dan kita amankan," kata Idham di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Selain itu, kata Idham, apa yang dia lakukan hari ini merupakan bentuk tradisi baru di tubuh Polri.

"Dengan saya mengantar beliau ini merupakan tradisi baru yang harus kita tumbuh kembangkan dan jadi pembelajaran bagi generasi Polri berikutnya sehingga dalam internal solid," kata Idham

Idham mengatakan bukan cuma dirinya yang mengantar Listyo, melainkan para perwakilan angkatan baik di atas Listyo maupun di bawahnya turut mendampingi calon Kapolri itu dalam fit and proper test di Komisi III DPR. Kata dia, hal ini dilakukan sebagai simbol Polri siap mengantar Listyo hingga duduk di jabatan tertinggi sebagai Kapolri.

"Rekan-rekan bisa melihat nanti di atas perwakilan angkatan yang merupakan senior Pak Komjen Sigit juga ikut mendampingi. Saya juga didampingi sama senior saya, adik-adik saya bahwa kita semua mempunyai kewajiban untuk mengantar Bapak Komjen Sigit sampai nanti pelantikan beliau oleh bapak presiden sehingga beliau mejadi Kapolri yang ke-25," kata Idham.

Adapun yang mendampingi Listyo saat uji kelayakan dan kepatutan antara Wakapolri Komjen Gatot Eddy, Kabaharkam Polri, Komjen Agus Adrianto, Kalemdiklat Polri Komjen Arief Sulistyanto, Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada, Kapolda Sulut Irjan Panca Putra dan beberapa orang lainnya.

 

Tag: fit and proper test calon kapolri komjen pol listyo sigit Listyo Sigit Prabowo

Bagikan: