Aksi Heroik Pengibaran Merah Putih

Tim Editor

Joni siswa SMP Atambua (Twitter: @Lia_Riyadi)

Jakarta, era.id - Aksi heroik siswa SMP yang memanjat tiang bendera saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI, viral di media sosial. Bocah yang belakangan diketahui bernama Johannes Adekalla itu, dengan cekatan memanjat tiang bendera karena melihat tali pengikat putus.

Dari video yang beredar di Twitter, Jumat (17/8/2018) Johannes memanjat tiang bendera yang cukup tinggi. Dengan cekatan dia memanjat saat peserta upacara pengibaran bendera tengah berlangsung.

Diketahui, aksi nekat Johannes memanjat tiang bendera saat upacara itu terjadi pagi tadi, saat pengibaran bendera merah putih di Lapangan Kabupaten Belu, Atambua. Kala itu salah satu tali pengikat terputus saat bendera hendak dikibarkan.
 

Setelah memperbaiki tali pengikat tiang bendera, Johannes yang akrab disapa Joni itu tak langsung kembali ke barisannya. Ia dipanggil Wakil Bupati Atambua untuk menemaninya hingga amanat upacara selesai dibacakan.

Joni adalah siswa kelas VII SMPN I Silawan Desa di Motoaain, Belu. Daerah ini merupakan perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.

Nah, aksi serupa ternyata juga terjadi di Lapangan Barepan Cawas daerah Klaten, Jawa Tengah. Di sana, seorang prajurit TNI yang belum diketahui namanya, spontan memanjat tiang bendera ketika tali pengibaran bendera merah putih terlepas.
 

Melalui akun Twitter @tni_ad, video itu diketahui berada di wilayah Kodam IV Angkatan Darat. Video berdurasi 17 detik itu viral dan sudah ditonton lebih dari 13 ribu kali.

Tag: hut kemerdekaan indonesia

Bagikan: