Kabar Duka, Istri Aktivis Wiji Thukul Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung

| 05 Jan 2023 18:33
Kabar Duka, Istri Aktivis Wiji Thukul Meninggal Dunia Akibat Serangan Jantung
Sipon, istri dari aktivis yang juga sastrawan Wiji Thukul dikabarkan meninggal dunia, pada Kamis (5/1). (FB Wahyu Susilo)

ERA.id - Istri Wiji Thukul yang bernama Dyah Sujirah atau yang lebih dikenal dengan Sipon meninggal pada Kamis (5/1/2022) di rumah sakit Hermina. Istri aktivis tahun 1998 ini meninggal karena penyakit jantung setelah semalam dirawat di rumah sakit.

Sekitar pukul 16.20 WIB jenazah tiba di rumah duka. Tetangga dan kerabat sudah berada di rumah kediaman Sipon yang berlokasi di Kampung Kalangan, RT 01 RW 14 Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Solo.

Sipon meninggalkan dua orang anak yakni Fitri Nganthi Wani dan Fajar Merah. Rencananya pemakaman akan dilaksanakan pada Jumat (6/1/2022).

Hal ini dibenarkan oleh adik Wiji Thukul, Wahyu Susilo. Ia mendapat kabar tersebut dari putra Sipon, Fajar Merah.

Jenazah Sipon tiba di rumah duka pada Kamis (5/1/2022).

"Siang tadi saya dapat kabar kalau tiba-tiba beliau (Sipon) kena serangan jantung dan dilarikan ke rumah sakit, tapi tidak tertolong," katanya.

Ditanya tentang riwayat sakit Sipon sebelumnya, Wahyu mengatakan tidak mengetahui secara pasti bahwa Sipon memiliki riwayat sakit jantung. Namun, dia membenarkan bahwa Sipon pernah harus diamputasi kakinya karena penyakit gula yang dideritanya.

"Setahu saya setelah operasi itu kondisi kesehatan beliau secara fisik relatif stabil. Beberapa kali komunikasi dengan saya juga kesehatannya baik. Terakhir kami berkomunikasi sekitar enam bulan yang lalu, karena saya di Jakarta. Malam ini saya ke Solo," tutur Wahyu.

Menurut Wahyu, kemungkinan jenazah almarhumah baru akan dimakamkan Jumat (6/11/2023). Jenazah akan dimakamkan di Pemakaman Purwoloyo yang berlokasi di Kelurahan Pasar Kliwon, Kecamatan Jebres, Solo.

"Kalau biasanya untuk keluarga kami pemakaman di Purwoloyo," kata Wahyu.

Rekomendasi