Gempa Lombok, Sandiaga Ajak Masyarakat Tobat Nasional

| 21 Aug 2018 16:17
Gempa Lombok, Sandiaga Ajak Masyarakat Tobat Nasional
Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno (Mery/era.id)
Jakarta, era.id - Serangkaian gempa bumi terus mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak tiga pekan lalu. Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno pun mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk bertobat nasional dan mendoakan warga Lombok yang menjadi korban gempa.

"Yang kita perlukan, menurut saya sekarang adalah tobat nasional. Kita perlukan juga doa dan bagaimana kita gunakan berkurban besok ini sebagai kita ikut merasakan penderitaan dari rakyat yang ada di Lombok. Saudara-saudara kita, keluarga kita, rekan-rekan kita yang ada di Lombok perlu uluran tangan kita," kata Sandiaga di acara launcing Buku #2019GantiPresiden, di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018).    

Lebih lanjut, menurut Sandi, terlepas dari status Bencana Nasional atau tidak, pemerintah harus segera melakukan penanganan yang menyeluruh dan komprehensif. Di samping itu, Sandi juga meminta untuk memisahkan unsur politik dari peristiwa bencana di Lombok.

"Jadi terlepas daripada status saya rasa ini penanganannya harus, penanganannya yang all out dan komprehensif. Untuk politiknya sendiri harus dipisahkan, karena yang harus dipastikan adalah saudara-saudara kita yang ada di NTB itu bisa mendapatkan bantuan dari kita," jelasnya.

Supaya kalian tahu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung bilang, status gempa di Lombok dan sekitarnya tidak akan dinaikkan menjadi bencana nasional, namun penanganannya akan diintensifkan. Alasannya, supaya tidak salah persepsi, jika menyatakan bencana nasional berarti bencana itu adalah seluruh nasional Indonesia dan menjadikan travel warning negara-negara lain.

"Bukan hanya ke Lombok tapi bisa ke Bali, dampaknya luar biasa yang biasanya tidak diketahui oleh publik. Maka penanganannya seperti bencana nasional," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di lingkungan istana kepresidenan Jakarta, seperti dikutip Antara,Senin (20/8).

Rekomendasi