Menjaga Kelestarian Alam dari Desa Karangasem

| 10 Dec 2017 15:26
Menjaga Kelestarian Alam dari Desa Karangasem
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar (kanan)
Jakarta, era.id - Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) tahun 2017 berpuncak di Desa Karangasem, Gunungkidul, Yogyakarta. Kegiatan berkala ini merupakan upaya memasyarakatkan gerakan menanam dan memelihara pohon secara nasional.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar mengatakan, Desa Karangasem dipilih karena lahan sangat kritis dan kering. Batuan karst bertanah di sana sulit dimanfaatkan masyarakat.

Karenanya, jenis tanaman yang akan ditanam, kata Siti, memiliki kemampuan untuk hidup di lahan karst.

"Jenis tanaman yang akan ditanam mempunyai nilai ekonomi yang tinggi antara lain jati, akasia, jambu-jambuan dan duwet/jamblang," ungkap Siti, Sabtu (9/12) kemarin.

Penanaman melibatkan lebih dari 3.000 petani berasal dari desa Karangasem, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul.

"Pada acara ini, akan dilakukan penanaman sebanyak 45.000 batang pada 5 bukit seluas sekitar 15 hektar yang merupakan lahan Sultan Ground," lanjut Siti.

Peringatan ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Acara dimulai setelah Jokowi membuka dengan doa dan menanam pohon jati di lahan tersebut.

Acara ini mengambil tema “Kerja Bersama: Makmurkan Rakyat, Lestarikan Alam”. Tema ini mengandung arti bahwa pengelolaan hutan dan lahan tidak lepas dari keterlibatan seluruh pihak. Acara ini diharapkan mampu memelihara kelestarian alam sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tags :
Rekomendasi