Prabowo Dukung Gibran Maju Pilgub 2024, Gerindra Minat Usung di DKI?

| 25 Jan 2023 19:25
Prabowo Dukung Gibran Maju Pilgub 2024, Gerindra Minat Usung di DKI?
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berjalan bersama Mangkunegara X dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Taman, Pracima Pura Mangkunegaran, Solo, Selasa (24/1/2023).

ERA.id - Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco mengatakan partainya siap untuk kembali mengusung Gibran Rakabuming Raka jika nantinya berminat maju sebagai calon gubernur pada Pilkada 2024.

Menurutnya, Partai Gerindra sudah punya pengalaman mengusung Gibran sebagai kepala daerah saat Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Solo 2020 lalu.

"Sebagai salah satu pengusung pada kontestasi di Pilwakot Solo, Partai Gerindra tentunya termasuk yang ikut akan mendukung apabila kemudian mas Gibran mau maju ke Pilgub," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (25/1/2023).

Namun dia tak menjawab apakah akan mendorong Gibran maju di Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Tengah.

Sementara ketika disinggung terkait memasangkan Gibran dengan Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria, Dasco hanya menjawab hal itu harus didiskusikan dengan partai-partai pengusung lainnya.

"Soal keputusan mengenai siapa yang akan mendampingi misalnya, itu kan akan diputuskan dengan partai-partai koalisi, saya rasa kan begitu," katanya.

Lebih lanjut, wakil ketua DPR RI itu menakankan bahwa keputusan maju tidaknya di Piilgub 2024 sepenuhnya ada di tangan Gibran. Terlebih, putra sulung Presiden Joko Widodo itu harus berkonsultasi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Tapi kan kita sama-sama tahu bahwa mas Gibran akan melakukan konsultasi dulu ke ketua umum PDIP dan tentu kita akan tunggu hasilnya," ucap Dasco.

Sebelumnya, Prabowo mengatakan akan mendukung langkah Gibran untuk maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta maupun Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Prabowo saat bertemu dengan Gibran di rumah dinas wali kota Solo pada Selasa (24/1).

"Beliau (Gibran) pas kok. Saya dukung, saya kira dari dulu saya dukung ya. Saya katakan dua-duanya (DKI Jakarta dan Jawa Tengah), dua-duanya pasti beliau berhasil," kata Prabowo.

Sehari setelahnya, Gibran mengaku memperoleh saran dari mantan rival ayahnya saat Pemilihan Presiden 2014 dan 2019 tersebut.

Meski demikian, ia belum dapat memastikan apakah akan menggandeng Partai Gerindra untuk kontestasi Pilkada 2024.

"Nanti saja, menyelesaikan ini dulu (pekerjaan di Solo). Jangan ditanya tentang Pilkada terus," katanya.

Rekomendasi