Amien Rais: Negara Rusak dari Presiden-nya

| 25 Aug 2018 09:37
Amien Rais: Negara Rusak dari Presiden-nya
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais. (era.id)
Jakarta, era.id - Mantan Ketua Umum PAN Amien Rais mengutip peribahasa lawas tentang sesuatu organisasi yang rusak berawal dari pemimpinnya. Peribahasa itu dikenal dengan istilah 'the fish rots from the head'. Peribahasa itu, menurut Amien, sangat relevan dengan kehidupan sekarang di Indonesia.

"Saya akan sampaikan, penutup khotbah saya di Sunda Kelapa kemarin siang, jadi dalam khotbah Iduladha itu, saya, paragraf terakhir, men-sitir sebuah pepatah yang sudah mendunia, pepatah ini katanya asal usulnya dari China, ada yang mengatakan dari Yunani, ada yang mengatakan dari Arab, dan lain-lain. Tapi pepatah itu berbunyi, dalam bahasa Inggris, the fish rots from the head, jadi ikan itu busuknya mulainya dari kepala. Oleh para filsuf, para analis, dikatakan sebuah negara mulai rusak tentu dari kepalanya. Yaitu, presidennya-lah. Itu pimpinan nasional," kata Amien Rais saat memberikan sambutan dalam acara peringatan HUT ke-20 PAN di kantor DPP PAN, Jalan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis (23/8/2018).

 

Oleh karena itu, dia mengatakan, sudah menjadi kewajiban PAN untuk meluruskan ini. Kata Amien, hal itu sesuai dengan lagu Mars PAN yang berisikan mendekatkan pada keadilan. 

Keadilan, kata Amien, juga tertera dua kali pada Pancasila, yaitu di sila kedua yang berbunyi 'kemanusian yang adil dan beradab', serta sila kelima yang berbunyi 'keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia'.

"Dalam mukadimah (UUD 1945) ada lima kata adil, dan keadilan. Dalam batang tubuh ada 21 kata berasal dari adil. kata 'adil' itu sendiri, 'keadilan', 'peradilan', 'mengadili', 'seadil-adilnya', dan semuanya," papar Amien.

"Tapi masalahnya, sepertinya para penyelenggara negara dari waktu ke waktu masalah keadilan ini dilupakan atau dipidatokan tapi enggak dilaksanakan," tambahnya.

Karena itu, dia berharap, calon yang diusung PAN pada Pemilu Presiden 2019, bisa membenahi ini. PAN, bersama Partai Gerindra, PKS dan Partai Demokrat, mendukung Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno pada Pilpres 2019.

"Nah mudah-mudahan, Insya Allah nanti, duet Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno itu dapat membawa keperubahan karena tagline-nya tegakkan keadilan dan perangi kezaliman," kata dia.

"Kita sudah dengar konsistensi dari Pak SSU, beliau mengatakan, kalau izin Allah bisa memimpin negeri ini, bersama Pak Prabowo, tentu tadi, membuka lapangan kerja, pembangunan, menurunkan harga supaya emak-emak kalau belanja ke pasar pulangnya dengan senyum bukan dengan cemberut," tambah mantan Ketua MPR ini.

Rekomendasi