Target Bebas Difteri Sebelum Asian Games 2018

| 11 Dec 2017 10:55
Target Bebas Difteri Sebelum Asian Games 2018
Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek (AGATHA/era.id)
Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau acara pemberian vaksin untuk penyakit difteri. Anies menargetkan imunisasi itu sudah diberikan pada 2,9 juta jiwa warga Jakarta sebelum perhelatan Asian Games 2018 dimulai.

"Kami memastikan bahwa imunisasi harus berjalan dengan baik sampai sebelum Asian Games 2018. Jangan sampai difteri mengganggu jalannya acara tersebut," ujar Anies saat meninjau pemberian imunisasi di SMAN 33, Cengkarang, Jakarta Barat, Senin (11/12/2017).

Di lokasi yang sama, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek juga berharap imunisasi berjalan baik sampai sebelum dimulainya Asian Games 2018. 

"Asian Games bukan saja merupakan satu pertandingan olahraga, tapi membawa nama negara. Jika kita memiliki ini (difteri), akan beban bagi kami di bidang kesehatan," ucap Nila.

Sebelumnya, Nila F Moeloek sudah menyatakan Indonesia bersih difteri pada 2013. Tapi tak disangka, penyakit pernapasan ini kembali menjangkiti masyarakat Indonesia pada 2017.

Di Jakarta, tercatat sudah ada 25 kasus difteri dengan dua kematian sepanjang 2017.

Penyakit yang menyerang selaput lendir hidung dan tenggorokan ini diduga kembali mewabah di Indonesia karena minimnya partisipasi imunisasi.

Difteri dapat dicegah dengan imunisasi lengkap DPT yang dilakukan secara bertahap dan berulang sejak anak berusia 2-4 bulan, dilanjutkan saat usia 1-5 tahun, kemudian saat usia SD, dan diulang lagi per 10 tahun.

Tags :
Rekomendasi