Mobil Listrik Esemka Disebut Impor dari China, Said Didu Sindir Jokowi: Sudah 10 Tahun Kau Bohong

| 21 Feb 2023 06:25
Mobil Listrik Esemka Disebut Impor dari China, Said Didu Sindir Jokowi: Sudah 10 Tahun Kau Bohong
Jokowi saat meninjau mobil listrik Esemka di IIMS 2023 (Tangkap[an layar Twitter)

ERA.id - Said Didu menyindir Presiden Joko Widodo terkait dengan kemunculan mobil listrik Esemka di pameran otomotif nasional Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Disebut-sebut mobil listrik Esemka yang dipamerkan tersebut merupakan buatan China.

Menanggapi hal itu, Said Didu menyindir jika Presiden Jokowi tak merasa bersalah  meski telah membohongi rakyat Indonesia selama 10 tahun.

"Sudah lebih 10 tahun bangsa ini kau bohongi berulang-ulang dan tidak merasa bersalah," jelas Said Didu pada Minggu (19/2/2023).

Seperti diketahui, Untuk pertama kalinya, Esemka akhirnya ikut serta dalam pameran otomotif. Merek lokal itu membawa dua produk mobil niaga ringan di Indonesia International Motor Show 2023 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dua produk tersebut adalah mobil pikap Bima 1.3 dan Bima EV. Kedua mobil tersebut hadir dalam bentuk cargo van dan passenger van.

Meski demikian, Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya mengakui kedua mobil itu hasil dari kolaborasi dengan otomotif asing.

"Prototipe mobil listrik Esemka yang dipamerkan di IIMS 2023 merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan otomotif lain di luar negeri," ujar Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya, saat konferensi pers di IIMS, pada Kamis (16/2/2023).

Dia mengatakan kedua varian Esemka Bima EV ini memiliki dimensi, yakni Panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm. Sementara jarak sumbu rodanya diketahui mencapai 2.925 mm.

"Kabin untuk passenger van dirancang untuk bisa menampung 11 penumpang dalam perjalanan. Sementara versi angkutan barang atau cargo van, memiliki dua kursi depan dan ruang besar di bagian belakangnya," jelas dia.

Rekomendasi