Harimau Pemangsa Bikin Geger Warga Bahorok Langkat

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Langkat, era.id - Masyarakat di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, dibuat geger oleh aksi harimau pemangsa hewan ternak. Peristiwa tersebut sudah terjadi sebanyak dua kali, pertama tahun 2014 dan kedua pada tahun ini.

Merespons aksi hewan buas tersebut, petugas gabungan dari Balai Besar Koservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) bersama Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) dan lembaga lainnya seperti Polsek Bahorok, kini terus melakukan pemantauan untuk melacak jejak harimau pemangsa hewan ternak milik warga penduduk.

"Walaupun sudah ada dipasang kamera trep di sembilan titik yang ada di dekat lokasi dimangsanya hewan lembu milik warga, namun belum berhasil melihat secara jelas keberadaan harimau tersebut," kata Nasrin, seorang petugas yang sedang berada di lokasi di Bahorok, seperti dikutip Antara, Kamis (30/8/2018).

Pemasangan kamera ini dilakukan petugas setelah sebelumnya ternak warga dimangsa binatang buas di Desa Timbang Lawan, Kecamatan Bahorok baru-baru ini. "Kami kini terus bersiaga di radius satu kilometer dari loaksi bangkai hewan yang diterkam harimau itu," katanya.


Ilustrasi (Pixabay)

Nasrin bilang, ada sembilan kamera di sembilan titik yang dipasang untuk memantau pergerakan harimau, di mana setiap pagi petugas memeriksa hasilnya. Namun hingga saat ini petugas belum menemukan hasil yang sempurna untuk mengetahui besar dan jenis kelamin harimau.

Dia menambahkan, hingga saat ini pihaknya juga belum bisa menyimpulkan apa penyebab harimau tersebut masuk ke pemukiman warga dan memangsa ternak warga.

Baca Juga : Ngeri! 2 Singa dan Jaguar Kabur dari Kebun Binatang

"Dari hasil pantauan kamera trap petugas belum melihat sosok harimau yang jelas," kata dia.

Meski demikian sempat terlihat harimau kembali masuk ke areal perladangan dan mendekati bangkai lembu tersebut sekitar pukul tujuh malam, namun saat dia akan memakan bangkai ternak, fokus kamera berubah dan itu terjadi di sembilan kamera yang dipasang.

Tag: hewan langka

Bagikan: