Top! 2 Mahasiswa Unsri Sukses Taklukan Gunung Elbrus

| 10 Sep 2018 09:51
Top! 2 Mahasiswa Unsri Sukses Taklukan Gunung Elbrus
Puncak gunung Elbrus di Rusia (Ilustrasi: Pixabay)
Palembang, era.id - Mari kita tepuk tangan untuk dua mahasiswa Universitas Sriwijaya Palembang, Muhammad Razaq dan M Gilang Sukma Bagaskara. Anggota Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya Pecinta Alam (Mafesripala) berhasil mencapai puncak gunung Elbrus di Rusia, Kamis (6/9) lalu.

Sekadar informasi, Gunung Elbrus adalah  gunung terbesar di Rusia. Lokasinya ada di dekat perbatasan Georgia, di bagian selatan di negara itu. Punya ketinggian ketinggian 5.642 m (18.510 kaki). Kalau mau mencapai Gunung Elbrus, kamu harus pergi ke Nalchik (1.652 kilometer dari Moskow) atau Mineralnye Vody (1.552 kilometer dari Moskow). Di sini ada sarana transportasi ke area wisata Prielbrusie.

"Pendakian gunung Elbrus ini merupakan misi ketiga mereka dari tujuh target pendakian gunung tertinggi di dunia (seven summits)," kata salah satu pendaki Muhammad Razag, seperti dilansir Antara, Senin (10/9/2018).

Muhammad Razaq dan M Gilang Sukma Bagaskara sebelumnya juga telah mendaki dua gunung, yaitu Puncak Jaya Wijaya di Papua pada April 2017 dan Kilimanjaro di Afrika pada Mei 2018.

"Ini semua berkat usaha, semangat tim dan panitia yang diiringi doa dari seluruh anggota Mafesripala, keluarga dan seluruh pihak yang membantu kami dalam ekspedisi ini," ujar Razag.

Kedua pendaki itu berangkat dari Palembang pada 30 Agustus lalu dan memulai pendakian pada Kamis, 6 September. Sebelum mendaki mereka memulai persiapan "summit attack" pada pukul 02.00 waktu Rusia, lalu pukul 04.00 memulai perjalanan menuju 'Leuprush' dan naik menggunakan 'snowcat'.

"Kami beristirahat setelah sampai di lintasan 'fix rope' hingga pada shudle," katanya.

Kemudian pada pukul 09.00 cuaca menjadi sulit karena kondisi angin sangat kencang dan mereka memutuskan untuk menghentikan perjalanan sementara hingga cuaca kondusif. Setelah reda, tim akhirnya melanjutkan perjalanan di lintasan hingga sampai pada puncak Elbrus, tepat pada pukul 11.15 waktu Rusia.

Muhammad Razaq dan M Gilang Sukma Bagaskara sebelum berangkat, sebelumnya menjalani serangkaian tes dan pelatihan terpadu di kawasan kampus Universitas Sriwijaya. Keduanya berhasil melewati tes yang komprehensif mengenai kemampuan dasar bertahan hidup dan pengetahuan pendakian di gunung es agar bisa menjalani misi tersebut dengan maksimal.

Rekomendasi