Negara Tertua di Dunia Berdasarkan Tanggal Pemerintahan dan Kedaulatan

| 19 Mar 2023 12:05
Negara Tertua di Dunia Berdasarkan Tanggal Pemerintahan dan Kedaulatan
Negara tertua di dunia (unsplash)

ERA.id - Selama ribuan tahun, banyak sekali bangsa dan negara yang muncul dan menghilang dalam catatan sejarah, namun ada juga yang tetap bertahan. Lantas tahukan Anda negara tertua di dunia saat ini?

Sayangnya, mustahil untuk mengatakan negara mana yang paling lama berdiri dengan pasti, namun pada artikel berikut ini akan dirinci 10 negara tertua.

Dari manakah negara berasal?

Dilansir dari world population review, langkah pertama dalam menentukan negara tertua di dunia adalah mendefinisikan dengan tepat apa yang memenuhi syarat sebagai sebuah negara.

Negara-kota awal seperti Ur, Uruk, Athena, Roma, dan Chichen Itza sangat kuat dan berpengaruh pada masanya, tetapi mereka bukanlah negara seperti yang kita bayangkan saat ini.

Demikian pula, kekaisaran luas yang sering menaklukkan dan menghubungkan negara-negara kota ini, seperti Kekaisaran Romawi di Eropa dan Dinasti Han di Asia, tidak akan dianggap sebagai negara. Namun, negara dapat lahir dari sisa-sisa kekaisaran yang runtuh.

Meskipun hanya sedikit kekaisaran yang ada di era modern, negara-negara baru masih terus bermunculan.

Hal tersebut biasanya terjadi ketika sebuah wilayah memisahkan diri dari negara yang sudah ada, seperti ketika Uni Republik Sosialis Soviet (U.S.S.R.) pecah menjadi 25 wilayah yang lebih kecil (15 diantaranya menjadi negara) pada 1988-1992 dan tidak lagi eksis.

Tantangan dalam Menentukan Hari Ulang Tahun Negara

Menentukan usia suatu negara tidak selalu merupakan tugas yang mudah. Khususnya pada negara-negara yang lebih tua, mungkin sulit untuk menentukan momen dalam sejarah ketika negara tersebut secara resmi dimulai.

Mesir ternyata bukan negara paling tua (unsplash)

Mesir adalah contoh yang sangat baik. Apakah negara ini dimulai pada tahun 1922, ketika Inggris mengakuinya sebagai negara merdeka? Atau apakah negara ini dimulai pada tahun 969, ketika Kekhalifahan Fatimiyah menaklukkan daerah tersebut dan mendirikan ibu kota Kairo?

Mungkinkah pada tahun 3100 SM, ketika firaun pertama menyatukan Mesir Hulu dan Hilir, menciptakan Dinasti Pertama? Kita dapat dengan mudah membuat argumen untuk salah satu dari tanggal-tanggal ini, dan juga beberapa tanggal lainnya.

Demikian pula, negara yang kita kenal sebagai Tiongkok adalah tempat kelahiran salah satu peradaban tertua di dunia, dengan bukti awal berupa tulisan yang berasal dari tahun 7000 SM.

Selain itu, terdapat catatan tertulis tentang pemerintahan berskala besar sejak tahun 2070 SM di Tiongkok. Namun, sejarah awal berdirinya Tiongkok adalah akumulasi dari serangkaian dinasti.

Tiongkok lahir dari satu panglima perang atau kerajaan yang menaklukkan wilayah tersebut, kemudian ditaklukkan oleh yang lain pada gilirannya. Hingga kemudian wilayah tersebut sering terpecah menjadi kerajaan-kerajaan yang lebih kecil.

Mana Saja Negara Tertua di Dunia?

World population review mencatat 10 negara paling tua di dunia berdasarkan tanggal pemerintahan yang paling awal diketahui, berikut di antaranya:

  1. Iran - 3200 Sebelum Masehi
  2. Mesir - 3100 Sebelum Masehi
  3. Vietnam - 2879 Sebelum Masehi
  4. Armenia - 2492 Sebelum Masehi
  5. Korea Utara - 2333 Sebelum Masehi
  6. Cina - 2070 Sebelum Masehi
  7. India - 2000 Sebelum Masehi
  8. Georgia - 1300 Sebelum Masehi
  9. Israel - 1300 Sebelum Masehi
  10. Sudan - 1070 Sebelum Masehi

Sebagai perbandingan, berikut daftar negara tertua dengan mengurutkan setiap negara berdasarkan tanggal berdaulat negara tersebut yang telah diyakini:

  1. Jepang - 660 Sebelum Masehi
  2. Cina - 221 Sebelum Masehi
  3. San Marino - 301 Masehi
  4. Prancis - 843 Masehi
  5. Austria - 976 Masehi
  6. Denmark - abad ke-10
  7. Hongaria - 1001
  8. Portugal - 1143
  9. Mongolia - 1206
  10. Thailand - 1238

Selain negara tertua di dunia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi