Ridwan Kamil Mau Sulap Kali Malang Sekeren Cheonggyecheon

Tim Editor

Presiden Jokowi dan Seskab Pramono Anung saat melihat Sungai Cheonggyecheon (Foto: Humas Setkab)

Jakarta, era.id - Gubernur Jawa Barat bergerak cepat setelah tahu Presiden Jokowi berharap Indonesia punya sungai-sungai yang bersihnya selevel Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korsel. Kali Malang dipilih menjadi pilot project mewujudkan mimpi Jokowi.

Kepastian itu didapat melalui akun Instagram Ridwan Kamil, Rabu (12/9/2018). Pria yang akrab disapa Emil ini mengunggah foto Sungai Cheonggyecheon dan Kali Malang. Jelas berbeda dilihat dari sisi manapun, mulai dari kebersihan hingga keindahan.

Desain dan perencanaan Kali Malang masa depan akan dimulai pekan depan. Emil yang memang berprofesi sebagai seorang arsitek ini yakin kalau Kali Malang akan bisa menandingi Sungai Cheonggyecheon.

"WARGA KOTA BEKASI tercinta, minggu depan sudah dimulai desain dan perencanaan revitalisasi Kali Malang. Semoga bisa sekeren Sungai Cheonggyecheon di Seoul," tulis Ridwan Kamil.

Presiden Joko Widodo  (Jokowi) berserta Iriana dan sejumlah menteri Kabinet Kerja memang sempat menyusuri Sungai Cheonggyecheon. Buat Jokowi, sungai ini jadi inspirasi dia untuk bisa menata Kali Ciliwung yang masih kumuh.

"Sungai Cheonggyecheon sebuah inspirasi yang sangat bagus, kalau di Jakarta ada Ciliwung bisa jadi bersih seperti ini, wow, dan itu bisa," kata Jokowi mengomentari kondisi Sungai Cheonggyecheon, yang di sisi kanan kirinya memang tampak indah, bersih, dan nyaman untuk dilalui pejalan kaki.

Presiden Jokowi meyakini, sungai-sungai di Jakarta kalau mau dikerjakan sebagaimana Sungai Cheonggyecheon pasti bisa. Ia mengingatkan, sungai tersebut dibangun selama 2 tahun 3 bulan saat zaman Gubernur Lee Yon Park, yang lantas bisa menjadi Presiden karena membuat sungai tersebut menjadi bersih. Soal kerja sama penanganan sungai, Presiden Jokowi mengatakan, Jakarta sendiri, sudah menjadi sister city dengan Seoul.
 

Tag: menyulap sungai di indonesia jabar era emil

Bagikan: