Ridwan Kamil Posting Foto Perbaikan Jalan di Jabar, Ujungnya Disemprot Warganet

| 22 Mar 2023 12:40
Ridwan Kamil Posting Foto Perbaikan Jalan di Jabar, Ujungnya Disemprot Warganet
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Twitter @ridwankamil)

ERA.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil lagi-lagi ramai jadi bahan gunjingan netizen di Twitter setelah membagikan laporan soal ruas jalan di Jabar yang akan segera diperbaiki. Sayangnya, ilustrasi gambar yang ia lampirkan bukan foto riil di lapangan dan diduga dicomot dari internet tanpa izin.

"Tahun 2023 ini, 71 ruas jalan di Jabar segera diperbaiki. Januari-Maret tiap tahun adalah jadwal pelelangan proyek," tulis lelaki yang akrab disapa Kang Emil itu lewat Twitter-nya, Selasa (21/3/2023).

Sebagai pelengkap informasi, ia juga mengunggah dua foto proyek perbaikan jalan tanpa keterangan sumber yang jelas. Netizen lantas menemukan bahwa foto tersebut sudah pernah diunggah akun penyedia jasa pengaspalan @SolusiBeton pada 2019.

"Kok fotonya samaan dengan twit @SolusiBeton dari tahun 2019 ini?" Tanya akun @niws***.

Akun @narko*** juga mengomentari serupa. "Mau tanya yg terhormat pak @ridwankamil apakah tidak ada foto pengaspalan terbaru dari pemprov Jabar sendiri, sehingga foto tahun 2019 milik orang lain digunakan untuk bahan postingan?" Tulisnya, Rabu (22/3/2023).

Sementara itu, akun @aldhir*** mengingatkan Kang Emil untuk berhati-hati memasuki tahun politik. "Nyomot foto pengerjaan daerah lain tanpa sumber (diduga tanpa izin), apa susahnya minta foto real update dr lapangan," tulisnya, Rabu (22/3/2023).

Akibat unggahannya tersebut, komentar Twitter mantan wali kota Bandung itu dipenuhi hujatan dari netizen yang memanggilnya dengan sebutan Paduka atau Baginda sebagai sindiran. Ada pula yang membelanya, sebab foto yang diunggah Emil hanyalah ilustrasi semata.

Rekomendasi