Uji Coba LRT, Anies Singgung Kenyamanan Penumpang Disabilitas

Tim Editor

Anies mencoba LRT (Diah/era.id)

Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal uji coba pengoperasian terbatas kereta cepat Light Rail Transit (LRT) dari Stasiun Velodrome hingga Stasiun Kelapa Gading. Anies menyebut pengerjaan LRT telah on schadule dan akan segera rampung. 

"Tiga kriteria utama setiap kita membangun sesuatu adalah on schedule, on budget, dan on quality. Mudah-mudahan semuanya bisa tercapai," tutur Anies di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (12/9/2018).

Usai menaiki LRT, Anies memiliki beberapa catatan kecil sebagai bahan evaluasi, salah satunya adalah masih ada jarak yang menyusahkan pengguna disabilitas untuk menaiki kereta dari lantai stasiun.

Uji coba LRT (Diah/era.id)

"Pak gubernur memberikan catatan, di Stasiun Boulevard Utara, spesifik memperhatikan itu space-nya harus pas. Jangan sampai disabilitas tidak nyaman menggunakan kereta ini," ungkap Direktur Proyek LRT Jakarta Allan Tandiono.

Kata Allan, catatan-catatan tersebut nanti akan dilengkapi pada laporan evaluasi dari uji pengoperasian terbatas ini. 

Perjalanan dari Stasiun Velodrome menuju Stasiun Kelapa Gading memakan waktu tempuh selama 12 menit dengan rata-rata kecepatan 40 km per jam dalam jalur lurus dan 15 km per jam dalam jalur belokan.

"Kecepatan maksimal saat sudah beroperasi maksimal sekitar 60 km per jam, karena antar stasiun berjarak 1 km, maka ketika sampai 60km/jam sudah maksimal," ungkap Allan.

Diketahui, uji coba operasi terbatas Light Rail Transit (LRT) di Stasiun Velodrome Rawamangun menuju Stasiun Kelapa Gading dengan track sepanjang 5,8 km dibuka untuk umum dan berlangsung hingga 14 September 2018.
 

Tag: kepemimpinan anies-sandi lrt

Bagikan: