Kubu Jokowi: Pak Kwik Bisa Berikan Nasihat ke Semua Pihak

| 13 Sep 2018 12:52
Kubu Jokowi: Pak Kwik Bisa Berikan Nasihat ke Semua Pihak
Wakil Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Johnny G Plate. (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Tim pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pemilu Presiden 2019 mengajak Kwik Kian Gie sebagai penasihat ekonominya. Padahal, Kwik adalah kader PDI Perjuangan yang juga merupakan mantan Menteri Koodinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri era Presiden Abdurrahman Wahid. 

Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan, Kwik memang dekat dengan Prabowo. Apalagi, Kwik dan ayah Prabowo, merupakan satu almamater di Rotterdam. Sementara, anak suluk Kwik, Inghie Kwik, juga memiliki kedekatan dengan Sandiaga Uno.

Karena itu, menjadi wajar ketika Kwik berada di kubu Prabowo-Sandiaga yang merupakan rival dari Joko Widodo-Ma'ruf Amin--didukung PDIP dan delapan partai lainnya--pada Pemilu 2019.

"Tetap sebagai kader utama, kader senior (PDIP). Pak Kwik memberi nasihat kepada semua pihak yang mau menggunakan buku platform ekonomi yang sudah disusunnya, dan dipasarkan kepada para paslon sejak Pilpres 2009," ungkap kepada wartawan, Kamis (13/9/2018).

"Dan kami demokratis. Itu pilihan pribadi tapi percayalah, loyalitas dan integritasnya sudah teruji," jelasnya.

Di tempat berbeda, Wakil Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin, Johnny G Plate mengatakan, dengan bergabungnya Kwik di kubu Prabowo-Sandiaga adalah hal bagus. Sebab, koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin ini berharap ada gagasan baru dari kubu lawan. Bahkan, KIK menyebut bahwa kubu Prabowo-Sandiaga kini kehilangan visi besar terkait ekonomi dan memilih mengangkat isu yang tak relevan.

"Kami harap ada gagasan bagus dari sebelah. Sejauh ini kami lihat di sebelah kehilangan visi besar ekonomi dan hanya mengangkat kasus yang tidak ada relevan bahkan enggak didukung data-data," ungkap Plate di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (13/9/2018).

Sekjen Partai Nasdem ini menerangkan, saat ini, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin sudah mempunyai 21 program kerja ekonomi. Sehingga, Plate menilai dengan hadirnya ekonom di kubu Prabowo-Sandiaga dapat membantu hadirnya gagasan ekonomi.

Apalagi, menurut Plate, isu ekonomi yang seringkali disebut oleh Prabowo-Sandiaga Uno di setiap kesempatan adalah isu lama yang kini sudah menjadi perhatian pemerintahan dan sudah ada solusi-solusi nyata. Selain itu, kesalahan data juga seringkali dilontarkan dari pihak Prabowo-Sandiaga.

"Untuk kepentingan rakyat, justru ditorpedo informasi yang tidak relevan dan tidak didukung data. Saya kira itu enggak sehat untuk perekonomian. Nah, kita berharap dengan tampilnya tokoh ekonom, justru gagasan di bidang ekonomi bagus ditampilkan. Kami menanti itu," kata dia.

Supaya kamu tahu, Prabowo Subianto akan merekrut orang-orang terbaik yang punya pengalaman di pemerintahan dan pengelolaan ekonomi, untuk ditempatkan sebagai tim pakarnya salah satunya adalah Kwik Kian Gie.

Menurut Prabowo, tidak hanya mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri Indonesia ini saja yang bergabung membantu permasalahan ekonomi. Ada sejumlah tokoh lain yang namanya masih dirahasiakan.

"Dan ada beberapa lagi di tempat kami ada mantan menkeu, satu. mantan gubernur BI, dua. Jadi kami kumpulkan semua mereka yang berpengalaman kumpul yang muda-muda juga. Tapi kan kita juga ingin mengumpulkan yang muda yang terbaik," jelasnya.

"Kami tidak memikirkan latar belakang, tidak mikir ras, agama atau daerah mana, kami minta mereka memikirkan kepentingan bangsa bukan partai. Sosok seperti Kwik Kian Gie, menyatakan ingin menjadi penasihat saya, dan lain akan kami umumkan," ujar Prabowo.

Rekomendasi