DPR Bela Jonan Terkait Ekspor Sawit

| 12 Dec 2017 15:57
DPR Bela Jonan Terkait Ekspor Sawit
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Agus Hermanto. (ZAKIYAH/era.id)
Jakarta, era.id - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Agus Hermanto mendukung tindakan tegas Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan terkait produk minyak sawit dari Indonesia yang ditolak Perancis.

Jonan mengatakan tindakan Perancis di acara One Planet Summit 2017 di Paris pada Senin (11/12) dapat mengancam hubungan bilateral kedua negara. Menanggapi hal itu, Agus berpendapat tidak sepatutnya Perancis menolak ekspor produk dari Indonesia itu.

"Jadi kami memang juga harus mendorong sawit kita, tidak membatasi karena minyak sawit kita," kata Agus di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (12/12/2017).

Agus menilai sikap tegas Jonas sudah tepat. Pasalnya, kata Agus, pemerintah Indonesia dan warganya harus mendorong ekspor produk asli Indonesia agar menambah devisa negara.

"Kita harus memperjuangkan kelapa sawit karena kita ketahui kita adalah penghasil kelapa sawit yang terbesar juga di dunia," jelasnya.

Seperti diketahui, isu ekspor minyak sawit kerap ditolak oleh negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa. Padahal, kata Jonan, minyak sawit tak pernah melanggar aturan yang ada di Perancis.

Tags :
Rekomendasi