Wabah Kolera Mulai Masuk ke Arab Saudi

Tim Editor

    Ilustrasi (Pixabay)

    Riyadh, era.id - Pemerintah Arab Saudi memastikan, terdapat satu penularan dan tiga penderita terduga kolera di daerah berbatasan dengan Yaman. Di daerah ini, wabah kolera sudah menewaskan lebih dari 2.000 orang.

    Dilansir dari Antara, seorang pejabat kesehatan Arab Saudi menyatakan, para penderita kolera itu di rawat di rumah sakit umum Al-Mauwassem di Jizan, sekitar 1.000 kilometer barat daya kota Riyadh.

    Baca Juga : Lima Orang Meninggal karena Kolera di Nigeria

    Belum diketahui wabah kolera ini berasal dari Yaman atau peserta ibadah Haji--yang menarik jutaan orang ke Arab Saudi--pada bulan lalu. 

    Namun, pada bulan lalu, Menteri Kesehatan Saudi Tawfiq al-Rabeeah menyatakan ibadah Haji berlalu tanpa wabah penyakit,

    Wabah kolera bisa menyebar dengan cepat. Hanya dengan hitungan jam, wabah yang menyebar melalui kotoran dan menyebabkan diare parah itu bisa menyebar dengan cepat. Begitu gejala wabah ini bereaksi, ia dapat membunuh dalam beberapa jam jika penderita tidak menerima perawatan.

    Baca Juga : Wabah Kolera Menyerang Aljazair

    PBB sempat menyalahkan pihak yang bertikai dalam perang saudara di Yaman selama tiga tahun belakangan ini. Pertikaian ini diduga memicu wabah kolera menyebar di sana.

    Sementara, Badan kesehatan dunia WHO meluncurkan perawatan darurat sarana dan prasarana kesehatan Yaman yang hancur akibat perang saudara ini.

    Meski demikian, diharapkan perawatan darurat itu bisa mengidentifikasi penderita baru lebih awal dan menghentikan penyebaran besar penyakit tersebut.

    Tag: kolera wabah penyakit

    Bagikan :