Siap Layani Pemudik Lebaran 2023, 64 Kapal Bakal Dioperasikan di Pelabuhan Merak dan Ciwandan

| 07 Apr 2023 13:45
Siap Layani Pemudik Lebaran 2023, 64 Kapal Bakal Dioperasikan di Pelabuhan Merak dan Ciwandan
Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. (Dok. Era.id/Muhammad Iqbal)

ERA.id - Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah VIII Banten akan menyediakan sebanyak 64 armada kapal yang dioperasikan di Pelabuhan Merak dan Ciwandan. Puluhan armada dipersiapkan untuk melayani arus mudik Lebaran 2023 tahun ini.

Kepala BPTD Wilayah VIII Banten, Handjar Dwi Antoro mengatakan, sebanyak 64 armada itu 11 kapal diantaranya akan dioperasikan di Pelabuhan Ciwandan, sisanya di Pelabuhan Merak. Nantinya kapal diberangkatkan menuju Bakauheni, Lampung.

"Ada tujuh dermaga yang disiapkan melayani pemudik di Pelabuhan Merak. Sementara tiga dermaga disiapkan di Pelabuhan Ciwandan untuk musim mudik Lebaran tahun ini," ucapnya, Kamis (6/4/2023).

Handjar mengatakan, pihaknya juga akan mendapatkan bantuan armada kapal di Pelabuhan Ciwandan untuk memaksimalkan pelayanan arus mudik saat Lebaran 2023.

"Kapal di Ciwandan selain kapal Ferri (kapal penyeberangan), juga diperbantukan kapal laut, seperti kapal Pelni Dobonsolo, Kapal Ferindo 7, dan Kapal Mutiara Sentosa 2," ungkapnya.

Handjar mengatakan pihaknya juga telah melakukan uji kelaikan dan uji sandar kapal di Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan.

"Kita sudah ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap 64 kapal dan 10 dermaga di Pelabuhan Merak dan Ciwandan. Semuanya laik jalan dan untuk dipergunakan melayani pemudik Lebaran 2023," jelasnya.

Rekomendasi