Jokowi: Pemerintah Tambah Dermaga di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya dan Pelabuhan Ciwandan Banten

| 11 Apr 2023 15:30
Jokowi: Pemerintah Tambah Dermaga di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya dan Pelabuhan Ciwandan Banten
Presiden Jokowi meninjau persiapan arus mudik di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. (Muhammad Iqbal/ ERA)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek persiapan mudik Lebaran di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten Selasa (11/4/2023). Kunjungannya itu untuk memastikan jalan tol dan Pelabuhan Merak siap menyambut para pemudik.

"Mengacu kepada masalah yang terjadi pada arus mudik tahun yang lalu utamanya di jalan tol dan juga di Pelabuhan Merak, saya hadir di sini memastikan bahwa persiapan-persiapan, desain perencanaan itu betul-betul sudah pada posisi yang siap," ucapnya kepada wartawan.

Jokowi mengingatkan, pada mudik Lebaran tahun lalu, terdapat masalah kepadatan lalu lintas. Yakni berada di Jalan Cikuasa Bawah dan Cikuasa Atas menuju Pelabuhan Merak, serta kurangnya kapasitas kapal.

"Tapi pada Lebaran tahun ini, arus mudik tahun ini, kita harapkan semuanya itu sudah tidak terjadi lagi," katanya.

Guna mengantisipasinya, ia menyebutkan pemerintah telah menambah jumlah dermaga di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya dan Pelabuhan Ciwandan yang menjadi pelabuhan alternatif penyeberangan Merak-Bakauheni.

"Ini bagus, sehingga kapasitas penumpang bergerak dari 34.000 melompat menjadi 49.000," jelasnya.

Selain itu, pemerintah juga akan mengatur pelabuhan mana yang akan dikhususnya untuk motor, mobil, kendaraan kecil, dan bus serta pelabuhan khusus kendaraan berat. Selain itu pemudik diimbau untuk memesan tiket secara elektronik.

"Karena tahun yang lalu ini sangat mengganggu yang tidak megang tiket, semuanya harus megang tiket sebelum masuk ke Pelabuhan Merak. Pemerintah juga sudah menambah jumlah tempat peristirahatan atau rest area di jalan tol menuju Pelabuhan Merak," jelasnya.

Rekomendasi