Hadapi Arus Mudik Lebaran 2023, Dua Pelabuhan di Banten Disiapkan

| 10 Apr 2023 04:01
Hadapi Arus Mudik Lebaran 2023, Dua Pelabuhan di Banten Disiapkan
Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. (Muhammad Iqbal/ ERA)

ERA.id - Sebanyak dua pelabuhan di Provinsi Banten disiapkan untuk mengangkut para penumpang menuju Lampung menghadapi arus mudik Lebaran 2023. Keduanya dioperasikan dalam mengantisipasi penumpukan kendaraan.

"Terdapat dua pelabuhan yang dioperasikan dalam mudik Lebaran 2023, yakni pelabuhan Ciwandan dan pelabuhan Merak," ujar Karo Ops Polda Banten, Kombes Dedi Suhartono dalam keterangannya, Minggu (9/3/2023).

Dedi mengatakan, untuk pelabuhan Indahkiat akan difungsikan sebagai alternatif bila diperlukan. Hal itu guna mengantisipasi penumpukan kendaraan terdapat beberapa jalur alternatif menuju pelabuhan Merak.

"Jadi ada jalur alternatif menuju pelabuhan Merak seperti Jalan Lingkar Selatan yang menjadi opsi jalur alternatif menuju pelabuhan Merak atau Ciwandan," katanya.

Dedi menambahkan, pihaknya juga menerapkan strategi delaying yang diberlakukan pada 2 rest area di tol Tangerang-Merak. Hal tersebut agar tidak adanya penumpukan antrean kendaraan menuju pelabuhan.

"Delay sistem dilakukan di dua rest area, yakni KM 43 dan 68 tol Tangerang-Merak, serta akan disiapkan buffer zone di KM 97," jelasnya.

Rekomendasi