Antisipasi Penumpukan Pesawat Selama Arus Mudik, Bandara Soetta Operasikan Tiga Runway

| 16 Apr 2023 23:02
Antisipasi Penumpukan Pesawat Selama Arus Mudik, Bandara Soetta Operasikan Tiga Runway
Bandara Soekarno Hatta Tangerang Banten. (Antara)

ERA.id - PT Angkasa Pura II (Persero) mengoperasikan tiga runway di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang, Banten. Hal tersebut untuk mengantisipasi penumpukan pesawat selama arus mudik Lebaran 2023 yang diprediksi meningkat pada H-3 lebaran.

Executive General Manager KCU PT Angkasa Pura II, Dwi Ananda Wicaksana mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan otoritas lainnya selama musim mudik. Ini untuk memastikan tidak ada kendala selama arus mudik berlangsung. 

"Saat ini runway di Terminal 3, sudah dapat dioperasikan 24 jam untuk landing. Awalnya, runway di sisi utara itu hanya melayani kedatangan pesawat di pagi hingga sore hari," ujarnya, Minggu (16/4/2023). 

Dwi menuturkan pertimbangan utama runway di Terminal 3 beroperasi agar mengurai antrean pesawat ketika salah satu runway ditutup. 

"Kebijakan ini merupakan salah satu upaya PT AP II mengantisipasi penumpukan penumpang saat arus mudik dan balik Lebaran 2023 di Bandara Soekarno-Hatta," ucap dia.

Dwi menjelaskan pihaknya juga telah menyiagakan 6.500 pegawai yang bertugas selama 24 jam di Bandara Soekarno-Hatta. Ribuan petugas yang disiagakan ini akan disebar di seluruh terminal di Bandara Soekarno-Hatta. 

"Selama 24 jam manpower organik sebanyak 6.500 orang bekerja bergantian. Ditambah lagi dukungan tenaga yang bersifat outsourcing dan para mitra kerja," jelasnya.

Rekomendasi