Pilih Salat di Istiqlal dengan Sandi dan JK, Anies: Kalau Ada di JIS, Saya Salat di Sana

| 22 Apr 2023 11:12
Pilih Salat di Istiqlal dengan Sandi dan JK, Anies: Kalau Ada di JIS, Saya Salat di Sana
Anies Baswedan

ERA.id - Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap alasan mengapa memilih salat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Istiqlal Jakarta berbarengan Wapres Ma'ruf Amin, Sandiaga Uno, Jusuf Kalla dan beberapa pejabat lainnya.

"Karena tidak ada (salat Id) di JIS (Jakarta International Stadium), kalau ada di JIS, salat di sana," kata Anies, Sabtu (22/4/2023).

Anies diketahui menunaikan salat Idul Fitri 1443 Hijriah pada 2 Mei 2022 di Jakarta International Stadium (JIS). Ia juga menggelar salat Idul Adha 2022 di lokasi yang sama.

Namun pada tahun ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak menyelenggarakan salat Idul Fitri di JIS, karena salat Id dilaksanakan di Balai Kota DKI Jakarta.

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, tak ada salat di dikarenakan banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI yang mau salat di Balai Kota.

"Kami bersyukur, kami sekeluarga bisa bersama-sama mengikuti salat Id di Masjid Istiqlal ini khusyuk dan pesannya bagus sekali, pesan saling memaafkan dan pesan untuk saling menjaga persatuan. Insyaallah itu yang akan menjadi pesan untuk kita semua dan kita bawa," ungkap Anies.

Namun Anies tidak menyebut siapa pejabat yang akan ia datangi untuk silaturahim pada Idul Fitri ini.

"Sekarang kumpul dulu dengan keluarga di rumah, setelah dengan keluarga semua baru deh kita muter satu per satu. Fleksibel kok kita, tapi Pak Surya (Paloh) sedang tidak lagi di sini," ungkap Anies.

Anies saat ini diketahui dicalonkan sebagai calon presiden yang diusung Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS.

Rekomendasi