Salat Id di JIS, Anies Tak Gelar Open House saat Lebaran

Tim Editor

Jakarta International Stadium (Ilham/era.id)

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau masyarakat yang hendak menjalankan salat Idulfitri 1443 Hijriah/2022 Masehi di Jakarta International Stadium (JIS) untuk datang lebih pagi.

Diketahui, JIS yang terletak di Jakarta Utara merupakan salah satu lokasi salat Idulfitri pada Senin (2/5).

"Datanglah lebih awal. Karena, bagaimanapun juga jika mendatangi sebuah tempat yang jumlah hadirnya banyak perlu waktu untuk menata, perlu waktu untuk dari tempat datang sampai ke tempat salat," kata Anies usai menghadiri Festival Beduk Malam Takbiran di JIS, Jakarta Utara, Minggu (1/5/2022).


Meskipun salat Idulfitri akan dimulai pada pukul 07.00 WIB, namun Anies menayarankan masyarakat sudah ada di lokasi sejak pukul 06.00 WIB. Nantinya, masyarakat diajak bersama-sama menggaungkan takbir sampai waktu salat dimulai.

"Salat Idulfitri memang dimulai jam 7, tapi kami menganjurkan sudah sampai di lokasi pukul 6. Supaya bisa sama-sama duduk tenang, takbir sampai jam 7 pagi, ketika salat ied dimulai," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu memastikan akan mengikuti salat Idulfitri bersama warga Jakarta di JIS. Anies bilang, dirinya akan hadir sejak pagi.

"Saya salat di sini. Saya, Insyaallah, pagi-pagi sudah datang," kata Anies .

Lebih lanjut, Anies menekankan bahwa tidak ada kewajiban bagi warga Jakarta untuk menunaikan ibadah salat Idulfitri di JIS. Hanya saja, jika pada tahun-tahun sebelumnya salat Idulfitri diadakan di tiap-tiap kantor wali kota Jakarta, tahun ini akan dipusatkan di JIS.

Hal ini disampaikannya untuk menanggapi beredarnya Surat Edaran Nomor 27/SE/2022 tentang Imbauan Pelaksanaan Salat Idulfitri 1443 H/2022 di Jakarta Internasional Stadium. Namun, Anies membantah hal ini dilakukan sebagai upaya memobilisasi aparatur sipil negara (ASN) maupun pegawai pemerintahan non-ASN.

"Jadi salat Id yang ada di wali kota kan biasanya diselenggarakan di tiap kantor. Kali ini dikumpulkan di sini," ujarnya.

"Bukan diminta semua datang ke sini. Kalau biasanya di kantor wali kota ada. Kali ini tidak ada. Diselenggarakan di satu (lokasi) saja. Di JIS," tegas Anies.

Adapun kegiatan salat Idulfitri ini nantinya juga akan diisi dengan khotbah. Setelah itu, masyarakat dipersilakan untuk melihat-lihat stadion yang baru selesai dibangun tersebut.

"Nanti warga yang berminat untuk melihat bagian dalam stadion akan diizinkan untuk masuk dan berkeliling bagian dalam stadion sebelum mereka pulang," pungkasnya.

Tag: salat id pemprov dki jakarta JIS Jakarta Internasional Stadium lebaran 2022

Bagikan: