Kubu Jokowi Yakin Muhammadiyah Netral di Pilpres 2019

| 20 Sep 2018 13:33
Kubu Jokowi Yakin Muhammadiyah Netral di Pilpres 2019
Sekjen PSI Raja Juli Antoni (Wardhany/era.id)
Jakarta, era.id - Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Raja Juli Antoni berharap PP Muhammadiyah akan bersikap netral pada Pemilu 2019. 

Dia yakin, meski Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak berada di kubu Prabowo Subianto-Sandi, Muhammadiyah akan tetap berjalan sesuai dengan arahan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasyir.

"Muhammadiyah secara kelembagaan selalu ditekankan Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah, netral ya. Itu diatur dalam khitah Muhammadiyah yang sudah diuji tahun ke tahun ya. Ada political disengagement menjaga jarak antara kekuatan politik," kata Raja Juli kepada wartawan di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018).

Menurut Sekjen PSI ini, keputusan Dahnil Anzar mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno merupakan pilihan pribadinya. Bukan merupakan sikap dari PP Muhammadiyah itu sendiri.

"Ini sama sekali tak beri sinyal Muhammadiyah memberikan dukungan kepada Prabowo dan Sandi," ungkapnya.

Meski demikian, Raja Juli mengucapkan selamat atas pilihan politik rekan satu organisasinya tersebut. Menurutnya, pilihan mendukung salah satu calon merupakan hak demokrasi setiap orang. Tapi, Raja Juli justru mempertanyakan kepada Dahnil alasan dukungannya itu. Sebab, Dahnil merupakan tokoh penggiat HAM.

"Waktu akan membuktikan apakah pilihan Danhill benar atau salah, tapi yang pasti bergabung dengan seseorang yang memiliki latar belakang sejarah HAM yang kelam bagi aktivis seperti Dahnill akan menjadi pertanyaan awal bagi kalangan kawannya, apakah ini menjadi pilihan politik pas bagi anak muda seperti Dahnil," ungkapnya.

Sebagai informasi, Ketua Umum PP Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak resmi terpilih menjadi koordinator Juru Bicara (Jubir) tim pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pemilu Presiden 2019. Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan, Dahnil juga sudah menyatakan kesediaannya untuk mendukung Prabowo-Sandi.

"Untuk nama yang masuk itu, sebagai koordinator jubir adalah ketua umum PP Muhammadiyah pusat, Dahnil Anzar Simanjuntak. Dan itu semua sudah di konfirmasi," ujar Eddy di kediaman Prabowo, jalan Kartanegara, Jakarta Selatan, Rabu (19/09) malam.

Sekadar informasi, sebelumnya dalam akun twitter @DahnilAnzar, Dahnil mengatakan, dirinya siap untuk memegang tangung jawab sebagai koordinator jubir tersebut karena, ini merupakan amanah dari Muhammadiyah itu sendiri.

"Tiba saatnya kita untuk memilih. Ketika beban amanah dari persyarikatan @muhammadiyah menjadi anak panah, maka relakan hati untuk di lesatkan....," ucap Dahnil dalam akun twitternya @DahnilAnzar (18/09/2019).

 

Rekomendasi