Profil Sulianti Saroso, Dokter Wanita Indonesia Dengan Segudang Penghargaan

| 10 May 2023 17:05
Profil Sulianti Saroso, Dokter Wanita Indonesia Dengan Segudang Penghargaan
Profil sulianti saroso (tangkapan layar Google)

ERA.id - Pada tanggal 10 Mei 2023, Google melalui “doodle” merayakan ulang tahun ke-106 Dr. Sulianti Saroso. Siapakah Sulianti Saroso? Mari simak lebih lanjut profil Sulianti Saroso melalui artikel berikut.

Sulianti Saroso adalah salah satu dokter wanita pertama di Indonesia dan diilustrasikan di Google Doodle oleh seniman bernama Lenny. Dr. Saroso mendedikasikan hidupnya untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam mengakses layanan kesehatan yang berkualitas.

Profil Sulianti Saroso

Sulianti Saroso yang lahir pada 10 Mei 1917 di Karangasem, Bali adalah dokter wanita pertama di Indonesia. Ayah Sulianti sendiri adalah seorang dokter dan menginspirasinya untuk tertarik pada dunia kedokteran di usia muda.

Sulianti kemudian lulus dengan gelar dokter dari Geneeskundige Hoge School pada tahun 1942 dan melanjutkan pendidikannya di Eropa dan Amerika Serikat (di mana Sulianti memperoleh beberapa gelar lanjutan di bidang kesehatan masyarakat.

sulianti saroso adalah dokter wanita pertama di Indonesia (twitter)

Dr. Sulianti  juga menerima beasiswa dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mempelajari sistem perawatan kesehatan ibu dan anak di seluruh Eropa. Ketika kembali ke Indonesia pada tahun 1952, ia membantu membawa pendidikan pengendalian kelahiran dan keluarga berencana ke tanah air.

Tak lama setelah kembali, Sulianti bergabung dengan Kementerian Kesehatan untuk memimpin program-program peningkatan akses kesehatan bagi perempuan, anak-anak, dan penduduk desa.

Setelah karir yang panjang dan sukses di bidang kesehatan masyarakat, Sulianti  mulai mengajar di Universitas Airlangga (pada tahun 1969) dan membantu melatih generasi dokter dan tenaga kesehatan berikutnya.

Penghargaan Sulianti Surosu

Sulianti kemudian menjadi Presiden wanita kedua dari Majelis Kesehatan Dunia dan menjabat di beberapa organisasi terkemuka - termasuk Komite Ahli Organisasi Kesehatan Dunia untuk Kesehatan Ibu dan Anak, Komisi PBB untuk Pengembangan Masyarakat di Negara-negara Afrika, dan Komisi Nasional Perempuan Indonesia.

Dokter Sulianti yang menjadi ikon tokoh kedokteran Indonesia juga diabadikan menjadi nama rumah sakit, yaitu RSPI Prof. dr. Sulianti Saroso.

RSPI Prof. dr. Sulianti Saroso sendiri berperan besar dalam penanganan dan pencegahan sejumlah wabah penyakit di Indonesia, di antaranya:

●        Pada tahun 2003 ditunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan untuk kasus SARS

●        Pada tahun 2005 menjadi rumah sakit rujukan dalam penanganan wabah penyakit flu burung (H5N1)

●        Pada tahun 2012 berperan aktif dalam penanganan dan pencegahan penyakit Mers-CoV (MCoV) atau MERS-CoV

●        Pada tahun 2020 sebagai Rumah Sakit yang menangani pasien Covid-19 pertama

Selain profil sulianti saroso, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi