SBY Walk Out, KPU Tegaskan Telah Atur Peserta Karnaval

| 23 Sep 2018 12:03
SBY <i>Walk Out</i>, KPU Tegaskan Telah Atur Peserta Karnaval
Suasana konferensi pers kampanye damai (Diah/era.id)
Jakarta, era.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman menanggapi aksi walk out Ketum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang tidak melanjutkan kegiatan deklarasi kampanye damai dan karnaval jalan kaki yang digelar hari ini.

Arief mengklaim, semua peserta yang mengikuti karnaval telah diarahkan dan dikoordinasikan sesuai dalam kontrol KPU.

"Sebetulnya sudah kita atur itu. Semua yang ada di dalam jalur karnaval, sudah diatur. Jumlah kaus dan atribut yang diberikan semua diperlakukan adil," ujar Arief di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018).

Kata Arief, memang terlihat sejumlah relawan yang mengenakan kaus dan atribut partai maupun pasangan calon saat karnaval, namun mereka bukan peserta karnaval yang telah didata jumlahnya.

"Kalau yang di luar itu kami tidak bisa atur. Kalau tiba-tiba banyak orang berdiri di pinggir jalan dan mengibarkan sesuatu, kami tidak bisa membatasi," tutur Arief.

Melanjutkan, Komisioner KPU Viryan menyayangkan aksi walk out SBY dan menegaskan KPU telah berusaha sebaik mungkin untuk memperlakukan kesamaan kepada seluruh peserta.

"Di area kita yang menjadi rute jalan pawai itu clear. Masyarakat semua melihat, tapi begitu keluar dari area kita lihat ada pendukung kedua kubu. Yang di dalam wilayah karnaval anggota partai," kata Viryan.

Baca Juga : Pelepasan Burung Merpati Tandai Deklarasi Kampanye Damai

Rekomendasi