Cerita Sahabat Haringga Sirla Sebelum ke Bandung

Tim Editor

Pemakaman Haringga (Mery/era.id)

Jakarta, era.id - Haringga Sirla (23) tidak pernah menyangka kepergiannya untuk menonton klub sepak bola kesukaannya, Persija, yang bertanding melawan Persib di Bandung menjadi perjalanan terakhirnya.

Kecintaan Haringga dengan klub sepak bola ini begitu besar. Di mana pun Persija bertanding, ia selalu menyempatkan diri untuk menontonya, hal itu dilakukan sebagai bentuk dukungan dari The Jakmania untuk Persija.

Kepada era.id, sahabat korban yakni Hilmi (20) mengungkap, dirinya sudah mencoba melarang Haringga untuk pergi menonton pertandingan pada Minggu (23/9), di Bandung.

Bukan tanpa alasan, hal itu dilakukan Hilmi demi keselamatan sahabatnya. Hubungan yang kurang baik antara pendukung Persib yakni Viking dengan The Jakmania menjadi faktor utamanya.

"Sebelum almarhum pergi ke Bandung, almarhum sempat mengajak saya, tapi saya menolak ajakan tersebut. Saya juga sempat melarang tapi dia tetep keukeuh," katanya, usai pemakaman Haringga di Indramayu, Jawa Barat, Senin (24/9/2018).

Bahkan, Himi menuturkan, pengurus The Jakmania sudah memberi instruksi kepada masing-masing koordinator wilayah, agar anggotanya tidak hadir menonton pertandingan tersebut.

"Ya karena tahu aja kalau pergi ke sana itu bahaya dan dari pihak ketua Jakmania sendiri udah melarang buat Jakmania hadir di Bandung," tuturnya.

Baca Juga : Ridwan Kamil dan Anies Baswedan Berduka untuk Haringga Sirla

Hilmi tak menyangka, sahabatnya nekat pergi menonton pertandingan. Hal itu diketahui dari foto yang diunggah di media sosial milik korban.

"Saya kira juga pas hari H, dia enggak jadi berangkat, tapi pas hari H pagi-pagi jam 10 dia unggah di Intagram story, dia sudah di Bandung," jelasnya.

Keseharian Haringga Sirla 

Sosok Haringga dikenal baik dan royal kepada temannya. Menurut Hilmi, korban yang bekerja sebagai montir ini juga memiliki sifat suka menolong.

"Dia orangnya baik, suka nolong temennya sama royal juga orangnya. Selain suka Persija dia, suka travelling. Sama suka club sepak bola Chelsea," tuturnya.

Anak muda biasanya tidak terlepas dari 'geng tongkrongan', Haringga juga memiliki teman tongkrongan. Hilmi yang juga teman satu tongkrongan mengungkap mereka suka kumpul di cafe.

"Paling nongkrong di cafe-cafe aja sih," katanya.

Baca Juga : Haringga Sempat Dicegah Berangkat ke Bandung

Hingga pagi ini, tujuh tersangka pelaku pengeroyokan terhadap Haringga Sirla akhirnya ditangkap polisi.

Identitas para tersangka yakni Goni Abdulrahman (20), Aditya Anggara (19), Dadang Supriatna (19), Satria Muhammad Renaldi (17), Dani Fahmi Alamsyah (16), Budiman (41) dan Dani (20).

"Satreskrim Polrestabes Bandung telah menangkap tujuh orang yang diduga pelaku pengeroyokan korban," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Jakarta, seperti dilansir dari Antara, Senin (24/9).

Dedi menuturkan, kejadian yang berlangsung pada Minggu (23/9) sekitar pukul 13.00 WIB ini berawal dari sejumlah orang yang tiba-tiba mengejar satu orang di area parkir di luar Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Gedebage, Bandung, Jawa Barat.    
"Keterangan dari suporter yang berada di GBLA, kerumunan orang tersebut berteriak orang yang dikejar adalah pendukung Persija," katanya.

Korban pun sempat meminta pertolongan kepada penjual bakso. Namun nahas, gerombolan yang mengejar korban, mengeroyok korban dan memukulinya menggunakan balok kayu, piring dan botol hingga akhirnya meninggal dunia.

Tag: go-jek liga 1 pengeroyokan persija persib ulah suporter

Bagikan: