Tak Hanya sebagai Alat Pembayaran, Ini Kegunaan Lain Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui

| 30 May 2023 11:12
Tak Hanya sebagai Alat Pembayaran, Ini Kegunaan Lain Kartu Kredit yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi (Foto: pexels.com)

ERA.id - Saat ini semakin banyak orang yang memegang kartu kredit dan menjadikannya sebagai alat bayar. Selain pengajuan kartu kredit yang mudah, transaksi menggunakan kartu kredit juga menguntungkan. Kerjasama antara penerbit kartu dengan merchant-merchant memungkinkan banyak promo menarik untuk pengguna.

Sederet manfaat transaksi menggunakan kartu kredit antara lain, kemudahan sampai promo menarik yang ditawarkan. Meski mudah, nggak sedikit yang takut menggunakan kartu kredit dengan alasan takut boros. Padahal, jika paham aturan mainnya, kartu kredit sangatlah menguntungkan.

Bahkan, kartu kredit nggak hanya sebagai alat pembayaran semata. Kartu kredit bisa digunakan untuk hal lainnya karena kartu kredit juga memiliki beberapa manfaat yang mungkin tidak kita sadari. Apa saja kegunaan kartu kredit tersebut? Berikut ulasannya!

1. Sebagai Dana Darurat

Anda bisa menggunakan kartu kredit sebagai dana darurat. Kebutuhan darurat tersebut misalnya, gadget rusak atau ada keperluan mendadak seperti sakit yang harus segera berobat. Biasanya, kebutuhan darurat ini bernilai lumayan besar sehingga jika menggunakan uang yang ada pada rekening, dikhawatirkan akan mengganggu cash flow sampai hari gajian.

Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk membayar kebutuhan darurat tersebut. Dengan catatan, saat menggunakan kartu kredit untuk membayar kebutuhan darurat tersebut, Anda sudah memiliki budget khusus yang disiapkan untuk keadaan darurat. Inilah yang disebut dengan dana darurat.

Dana darurat ini memang disiapkan untuk kebutuhan darurat. Di mana untuk jumlahnya adalah minimal 3 bulan pengeluaran bulanan untuk Anda yang single, 6 bulan pengeluaran untuk yang sudah menikah dan 12 bulan pengeluaran untuk yang menikah dan punya anak.

Dana darurat tersebut selain disimpan di rekening tabungan bank, bisa juga diinvestasikan di instrumen yang likuid seperti Reksa Dana Pasar Uang. Sehingga butuh waktu beberapa hari jika ada kebutuhan darurat untuk mencairkan uang tersebut. Sehingga, kartu kredit bisa menjadi solusi sementara sampai akhirnya dana darurat tersebut telah cair dan bisa digunakan.

Perlu diingat, jika menjadikan kartu kredit sebagai dana darurat, pastikan Anda telah memiliki dana darurat. Tujuannya adalah, Anda tidak perlu bingung saat membayar tagihan kartu kredit tersebut.

2. Membeli di Awal, Bayar Belakangan

Pernahkah Anda berencana membeli sesuatu dan kebetulan harganya diskon? Biasanya, kondisi tersebut diharuskan transaksi saat itu juga. Tentunya barang-barang yang dimaksud adalah barang-barang yang dibutuhkan, bukan yang sifatnya konsumtif. Apalagi saat ada flash sale, tentunya barang yang diincar harganya miring.

Di sinilah kegunaan kartu kredit bisa diandalkan. Anda bisa bertransaksi terlebih dahulu menggunakan kartu kredit dan selanjutnya membayar tagihan tersebut setelahnya. Perlu diingat, kartu kredit memang alat bayar namun tetap ada kewajiban untuk mengganti (membayar) tagihannya.

Biasanya transaksi seperti ini menguntungkan. Karena harganya miring alias diskon, penawaran tersebut memang jarang terjadi. Bahkan bisa jadi transaksi tersebut hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit. Sehingga dalam hal ini, kartu kredit bisa dijadikan “bantalan” untuk membeli sesuatu di awal dan membayarnya kemudian.

Adapun untuk poin ini, sebagai catatan adalah pastikan Anda membeli barang yang memang diperlukan. Usahakan pembelian barang bukan karena impulsive buying atau hanya keinginan yang sifatnya hanya untuk kesenangan.

3. Poin Kartu Kredit

Pengajuan Kartu Kredit saat ini semakin mudah. Selain mudah, sejumlah penawaran juga berhasil menarik penggunanya. Salah satunya adalah poin kartu kartu kredit. Poin tersebut akan didapatkan jika ada transaksi, apalagi jika transaksi tersebut dalam jumlah besar.

Selanjutnya, poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai macam hal mulai dari barang sampai tiket perjalanan. Tentunya ini bisa menjadi daya tarik sehingga kartu kredit tak hanya sebagai alat untuk transaksi pembayaran. Ada beberapa cara untuk mengumpulkan poin kartu kredit agar cepat terkumpul dan jumlahnya bisa ditukarkan sesuai dengan kebijakan penerbit kartu.

Pertama, transaksi di merchant yang bekerjasama dengan bank penyedia kartu. Kedua, belanja kebutuhan bulanan dengan kartu kredit. Berikutnya adalah mengalihkan semua transaksi yang dilakukan setiap bulannya dengan menggunakan kartu kredit.

Tentunya, Anda harus rajin-rajin mengecek promo apa yang cocok dengan target yang Anda inginkan. Misalnya, promo tertentu yang bisa menambah poin reward kartu kredit Anda. Berikutnya Anda juga bisa mempertimbangkan kartu kredit yang bekerjasama dengan banyak merchant.

Jika Anda bisa memanfaatkan poin kartu kredit ini dengan baik, maka keuntungan yang didapatkan akan maksimal. Sehingga, selain kemudahan transaksi kartu kredit, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lain yang tentunya sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menghemat Pengeluaran dengan Kartu Kredit

Transaksi dengan kartu kredit bisa menghemat pengeluaran asalkan kamu tahu triknya. Apalagi, pengajuan kartu kredit yang mudah, tentu saja menawarkan berbagai kemudahan yang bisa menjadi daya tarik penggunanya. Berikut cara menghemat pengeluaran menggunakan kartu kredit!

Pertama, melakukan transaksi seperlunya. Transaksi menggunakan kartu kredit memang mudah, tapi pastikan Anda membatasi setiap transaksi yang dilakukan. Artinya, pastikan setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit adalah transaksi penting, bukan hanya “lapar mata”.

Kedua, jangan memiliki banyak kartu. Ini adalah jebakan. Mungkin Anda berpikir jika dengan memiliki banyak kartu, maka akan banyak promo menarik yang bisa didapatkan. Tapi percayalah, ini hanya akan membuat Anda jadi lebih boros dan tidak terkendali.

Ketiga, belanja sesuai skala prioritas. Pastikan Anda belanja sesuai dengan skala prioritas. Hal ini menghindarkan kita dari sikap impulsive buying dan membeli sesuatu bukan karena kebutuhan tapi hanya karena keinginan. Dengan menentukan skala prioritas, Anda bisa belanja sesuai dengan kebutuhan. Ingat, kartu kredit adalah alat bayar yang harus tetap dibayar tagihannya.

Mengatur Pengeluaran Bulanan dengan Kartu Kredit

Saat ini syarat pengajuan kartu kredit terbilang mudah. Anda bisa langsung datang ke kantor cabang bank terdekat atau pengajuan melalui aplikasi bank. Setelah disetujui, Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk transaksi bulanan. Biasanya bank penerbit kartu kredit akan memberikan banyak penawaran menarik yang bisa Anda manfaatkan. Untuk menjadikan kartu kredit sebagai alat mengatur pengeluaran bulanan, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Berikut rinciannya!

1. Bayar tagihan sesuai jadwal. Jangan pernah telat membayar tagihan. Karena, hal ini akan membuat anda dikenakan denda. Telat membayar tagihan juga membuat hutang bertumpuk.

2. Jangan pernah membayar minimal. Hal ini juga bisa membuat hutang menggunung. Imbasnya, anda bisa saja kesulitan membayar tagihan kartu kredit.

3. Bayar semua tagihan dan transaksi menggunakan kartu kredit. Nantinya saat gajian, anda bisa langsung membayar tagihan tersebut. Tentunya semua tagihan dan transaksi harus dilakukan based on budget yang sudah ditetapkan di awal.

4. Biasanya kartu kredit akan menawarkan berbagai macam promo. Promo-promo ini bisa anda manfaatkan. Kemudian, poin-poin yang dikumpulkan setiap transaksi menggunakan kartu kredit juga bisa anda manfaatkan untuk pembelanjaan dengan discount atau ketentuan lainnya.

5. Kartu kredit saat ini juga memungkinkan anda bertransaksi tanpa kartu misalnya untuk belanja online. Biasanya, belanja melalui merchant online akan lebih murah dibanding anda belanja langsung ke store offline.

Setelah memahami apa saja keunggulan kartu kredit, saatnya memilih kartu kredit yang tepat. Berikut cara memilih kartu kredit yang tepat supaya Anda nyaman saat menggunakannya. Pertama, Anda bisa memilih kartu kredit yang membebaskan biaya tahunan. Hal ini tentu saja menjadi perhatian utama karena anda tidak perlu keluar budget lagi untuk membayar biaya tahunan.

Kemudian, anda juga bisa memilih kartu kredit yang memungkinkan anda untuk menjadikan transaksi anda menjadi cicilan. Fasilitas ini menarik, karena bisa membantu anda mengatur budget.

Jangan lupa, kartu kredit yang menyediakan banyak promo dan discount bagi penggunanya. Siapa yang tidak suka dengan promo dan discount? Ini adalah salah satu hal yang bisa membuat anda lebih berhemat jika digunakan dengan tepat.

Berikutnya adalah kartu kredit yang mudah diakses. Maksudnya adalah, Anda bisa mengatur cicilan, sampai melakukan aktivasi hanya dalam genggaman melalui mobile banking. Fitur ini sangat memudahkan nasabah dan tentu saja paperless sehingga ramah lingkungan.

Peraturan Wajib sebagai Pemegang Kartu Kredit

Meski memiliki kartu kredit terbilang mudah, tapi ada syarat tidak tertulis yang sebaiknya Anda patuhi. Yaitu, soal data pemegang kartu.

Jaga baik-baik data kartu kredit Anda. Antara lain, nomor kartu, expired date, sampai PIN kartu kredit. Yang tidak kalah penting adalah kode keamanan kartu atau yang disebut dengan Card Verification Value (CVV). Jangan sembarangan memberikan informasi rahasia ini kepada orang lain. Karena, hal tersebut berpotensi pihak yang tidak bertanggung jawab akan menyalahgunakan kartu kredit tersebut.

Pastikan juga Anda tidak memberitahukan kode One Time Password (OTP) kepada pihak lain. Kode ini biasanya digunakan saat Anda berbelanja secara online. Kode tersebut ibaratnya adalah “sandi” yang berfungsi sebagai verifikasi transaksi yang Anda lakukan.

Jika Anda merasa kehilangan kartu kredit Anda, segera hubungi bank penerbit untuk dilakukan pemblokiran. Selanjutnya Anda bisa meminta kepada bank penerbit untuk dibuatkan kartu baru. Data pada kartu kredit sangatlah penting. Sehingga Anda harus menjaganya dan tidak sembarangan memberikan data tersebut kepada orang lain.

Kartu Kredit dengan Berbagai Kemudahan Bertransaksi

Anda bisa menemukan semua keunggulan yang telah disebutkan diatas pada PermataShoppingCard. Ini adalah kartu kredit yang tepat terutama untuk Anda yang hobi bertransaksi online di e-commerce favoritmu.

Beberapa keuntungan PermataShoppingCard di antaranya:

1. Syarat pengajuan kartu kredit ini terbilang mudah dan cepat, bisa dilakukan melalui aplikasi mobile banking Permatamobile X. Adapun syarat pengajuan PermataShoppingCard antara lain: Usia 21-65 tahun untuk Kartu Utama dan 17-65 tahun untuk Kartu Tambahan, memiliki penghasilan minimum Rp 3,000,000 per bulan, memiliki KTP dan NPWP, serta bukti penghasilan dan fotokopi kartu kredit lain (bila ada).

2. Bisa melakukan pengajuan melalui aplikasi PermataMobile X dan tentu saja bisa datang langsung ke kantor cabang PermataBank terdekat.

3. Bebas biaya iuran tahun pertama

4. Berbagai promo mulai dari discount, cashback, dan gratis produk di berbagai merchant ternama

Jadi, apakah anda sudah siap menggunakan PermataShoppingCard dan menikmati semua keunggulannya? Yuk, apply sekarang juga, simak selengkapnya di https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping

Rekomendasi